Vaksin Sinovac Tiba di Probolinggo

781

Probolinggo (wartabromo.com) – Ribuan vial vaksin sinovac tiba di Probolinggo pada Senin malam, 25 Januari 2021. Tenaga kesehatan (nakes) menjadi prioritas utama penerima vaksin untuk melawan Covid-19 ini.

Ribuan vial vaksin dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur itu, langsung ditempatkan di penyimpanan masing-masing Dinas Kesehatan. Baik Dinkes Kota maupun Kabupaten Probolinggo.

Untuk Kota Probolinggo, ada 1.480 vial vaksin yang diterima. Jumlah ini masih belum mencukupi total calon penerima yang berjumlah lebih dari 1.900 orang.

Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin menyebut, tenaga Kesehatan dan sejumlah pejabat esensial menjadi prioritas penerima vaksin.

“Tenaga Kesehatan sebagai garda terdepan dalam penanganan pandemi ini, sehingga harus diutamakan. Semoga vaksin ini bisa menjadi salah satu ikhtiar untuk mengakhiri pandemi covid19 ini,” ujarnya.

Baca Juga :   Kerap Tak Disadari, Pemicu Serangan Jantung Ini Bisa Berakibat Fatal

Sementara untuk Kabupaten Probolinggo, ada sekitar 3.000 vial vaksin sinovac yang diterima. Setelah disimpan di gudang farmasi, vaksin akan didistribusikan ke masing-masing Puskesmas yang ada di 24 kecamatan. Beberapa rumah sakit, baik plat merah maupun swasta juga akan menerima. Pemkab Probolinggo menjadwalkannya pada Kamis, 28 Januari.

Prioritas utama dalam distribusi vaksin Covid-19 ini, juga fokus pada tenaga kesehatan Kabupaten Probolinggo. Selain itu, sejumlah pejabat Forkopimda setempat pun, masuk dalam daftar penerima vaksin. Hal itu ditempuh untuk meyakinkan masyarakat, terhadap vaksin Covid-19.

“Vaksinasi serentak akan dilakukan pada Senin 1 Februari 2021, di tiap Puskesmas dan rumah sakit yang sudah mendapat vaksin ini,” sebut Koordinator Penegakan Hukum Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto.

Baca Juga :   Dinkes Kabupaten Probolinggo Siapkan Vaksinator Tahap II

Baca juga: Siap – Siap! 3640 Vaksin Covid Sudah Datang di Pasuruan

Kehadiran vaksin sinovac, diharapkan bisa menjadi salah satu ikhtiar untuk mengakhiri pandemi Covid-19. Namun demikian, masyarakat Probolinggo diimbau untuk tetap mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Guna meminimalisir penularan Covid-19 secara massif.

Sejauh ini, kasus positif Covid-19 di Kota maupun Kabupaten Probolinggo terus mengalami peningkatan. Sedikitnya ada total 1.906 warga terkonfirmasi positif di Kota Probolinggo. Sedangkan 2.714 orang di Kabupaten Probolinggo terkonfirmasi positif virus corona. (lai/saw)

Baca juga: Ratusan Nakes Probolinggo Dicoret dari Daftar Penerima Vaksin Covid