Sumber Air Panas Kepulungan, Bupati : Bisa Jadi Wisata Syariah

1401

 

Gempol (Wartabromo.com) – Sumber air panas di Desa Kepulungan, Kecamatan Gempol, jadi primadona wisata baru di Kabupaten Pasuruan. Bupati Pasuruan bahkan mengarahkan tempat ini menjadi wisata air panas syariah.

“Syukur-syukur kalau nanti di sini (wisata air panas), bisa menjadi salah satu pemandian air panas syariah. Jadi terpisah antara laki-laki dan perempuan, bagus itu,” kata Irsyad Yusuf, Bupati Pasuruan pada Jumat (19/3/2021) sore.

GusIrsyad menilai, wisata sumber air panas ini masih bisa dimaksimalkan dengan menambah berbagai fasilitas yang memanjakan wisatawan. Di antaranya kolam renang, taman, dan fasilitas penunjang lain.

“Desa yang bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki, harus didukung untuk melakukan percepatan dalam realisasinya. Kalau saya melihat ini (sumber air panas) belum maksimal, artinya harus disiapkan kolamnya, dan fasilitas lainnya,” imbuhnya.

Baca Juga :   Koran Online 9 Feb : Pasutri Tewas Keracunan Ikan Buntal hingga Maskot Baru Kota Pasuruan

Menurutnya, sumber air panas tersebut perlu dikelola dengan baik agar bisa mendatangkan pendapatan bagi desa. Maka dari itu, dibutuhkan kerjasama antar elemen pemerintahan.

“Saya berpesan, bahwa kekompakan dan kebersamaan di pemerintahan desa, antara BPD, LPM, Karang Taruna, dan elemen masyarakat desa untuk bisa ikut andil di sini. Sehingga bisa dipromosikan secara bersama, diviralkan di medsos, atau media nanti,” sambungnya.

Guna mengakselerasi pengelolaan wisata, kata Irsyad, pemerintah desa diharapkan membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sehingga pengelolaannya bisa lebih terfokus pada wisata.

“Saya akan dukung dan membantu, sesuai dengan kewenangan saya,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kepulungan Didik Hartono, mengatakan, adanya wisata sumber wisata air panas ini bisa memberikan kemanfaatan bagi masyarakat desa. Termasuk terbukanya ekonomi baru karena banyak wisatawan yang berdatangan dari luar kota.

Baca Juga :   Begini Dugaan Modus Penyimpangan Dana Hibah Pokmas

“Sudah banyak yang datang dari luar kota, dari Surabaya, Sidoarjo, dan kota-kota lain. Dengan adanya wisata sumber air panas ini, semoga bisa memberikan kemanfaatan dan kesejahteraan bagi masyarakat desa,” ucapnya. (oel/may)