Plat Besi Jalan Raya Latek Bangil Bergeser, Bahayakan Pengguna Jalan

1872

Bangil (Wartabromo.com) – Plat besi jembatan di Jalan Raya Bangil, tepatnya di Desa Latek, Kecamatan Bangil kondisinya memprihatinkan. Kondisi plat besi ini bergeser dan mencuat, sehingga diduga kerap menjadi penyebab kecelakaan.

Dari pantauan wartabromo Sabtu (3/4/2021) siang, plat besi berukuran 6 x 5 meter ini telah bergeser dari posisinya semula. Plat bergeser ke barat dan menyerong ke arah selatan.

Plat besi sudah terlepas dari penahannya sehingga tidak menempel ke aspal. Bahkan di sisi utara, bagian tengah, plat sudah ambles dan dipasang water barrier.

Akibatnya, pengguna jalan dari arah timur, harus mengurangi laju kendaraan untuk menghindari bagian plat yang rusak.

Jupri, 72, warga setempat mengatakan, kerap terjadi kecelakan di jalan tersebut akibat terpeleset plat besi. Kecelakaan sering terjadi pada malam hari dan hujan.

“Biasanya pas hujan dan malam itu, karena kepleset,” kata Jupri yang membuka jasa tambal ban di seberang jalan.

Ia menambahkan, tadi pagi, sudah dua pengendara motor yang menjadi korban. Pengendara motor terpeleset akibat plat baja yang licin sekaligus plat yang mencuat.

“Sekitar jam 6 sampai jam 7, ada 2 sepeda yang jatuh, luka lecet orangnya. Akhirnya dipasang tanda itu sama polisi pas bagian yang ambles,” imbuhnya.

Tak hanya membahayakan pengguna jalan roda dua, kata Jupri, ia kerap menemui pengendara truk dan mobil yang bannya pecah akibat sisi plat yang tajam. 

“Bukan hanya sepeda, truk sama mobil saja kadang bannya pecah, itu kena yang tajam,” ucapnya.

Seringkali, korban yang mengalami kecelakaan di jalan tersebut lantaran tidak mengetahui kondisi jalan. Sehingga ketika melintasi plat besi, jadi terjatuh.

“Biasanya bukan bukan orang sini, tidak tahu kondisi jalan, apalagi hujan dan malam,” tutupnya.

Ia berharap agar plat besi tersebut segera diperbaiki. Agar tidak terjadi lagi kecelakaan serupa.

Sementara itu, Kaur TU PPK BBPJN 36 Gempol-Probolinggo Roni Sucipto saat dikonfirmasi Wartabromo mengatakan, pihaknya tengah melakukan pembahasan terkait perbaikan plat besi tersebut. Pekan depan akan dilakukan pembahasan.

“Iya sebentar, ini masih dibahas, Senin masih dirapatkan” singkatnya. (oel/may)