Siap-Siap Gerhana Bulan, Berikut Amalan yang Dianjurkan Untuk Dilakukan

1957

Pasuruan (wartabromo.com) – Pada Rabu, 26 Mei 2021 akan terjadi Gerhana Bulan Total Merah Super. Umat muslim dianjurkan untuk melakukan beberapa amalan ini supaya mendapatkan pahala.

Gerhana Bulan Total Merah Super merupakan fenomena yang jarang terjadi. Sebab gerhana ini merupakan kombinasi dari tiga fenomena sekaligus.

Saat terjadi gerhana bulan total, Rasulullah SAW menganjurkan umat Muslim untuk melakukan amalan sunnah. Anjuran tersebut diriwayatkan dalam hadis Shahih Muslim, artinya:

“Sungguh matahari dan bulan adalah tanda kekuasaan Allah SWT, tidak terjadi gerhana keduanya (matahari dan bulan) karena kematian seseorang atau pun kehidupannya. Apabila kalian melihat gerhana, maka salat dan doalah hingga gerhana tersebut selesai.” (HR. Muslim).

Baca Juga :   Malam Nisfu Sya'ban, Ini Amalan yang Bisa Dilakukan

Dinukil dari detik.com, selain anjuran salat sunnah dan berdoa, ada pula amalan lain yang bisa dilakukan. Apa saja?

1. Bersedekah

Bersedekah ketika gerhana bulan tiba dapat mendatangkan banyak kemanfaatan untuk diri sendiri. Mulai dari mendapatkan pahala hingga mendatangkan ridho Allah Swt.

Dianjurkan untuk bersedekah kepada yatim piatu atau fakir miskin saat gerhana bulan muncul. Adapun anjuran melakukan amalan ini ada diriwayatkan di dalam hadis, artinya:

“Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdo’alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah.”

Baca Juga :   19 Tahun Sekali, Siap-siap Menyaksikan Gerhana Bulan Total Merah Super

2. Bertaubat

Pada risalahnya yang berjudul Al-Adab fid Din dalam Majmu’ah Rasail al-Imam, Imam Al Ghazali menyebutkan, beberapa adab menyambut gerhana bulan. Diantaranya: memiliki rasa takut, menampakkan rasa haru, bersikap tak mudah bosan dan segera bertaubat.

3. Mengerjakan Kebaikan

Ketika gerhana bulan tiba, berlombalah mengerjakan berbagai kebaikan. Misalnya membantu orang yang kesusahan, lebih berbakti pada orang tua dan lain sebagainya.

Mengerjakan kebaikan saat gerhana bulan adalah wujud rasa syukur kepada Allah swt, sebab masih diberi kesempatan untuk melihat keajaiban-Nya. (trj/may)