Sering Sakit Perut Sebelah Kiri? Yuk, Ketahui Penyebabnya

1528

Pasuruan (waryabromo.com)  Sakit perut sebelah kiri sangat umum dialami oleh banyak orang. Rasa nyeri atau pada perut sebelah kiri ini bisa muncul secara tiba-tiba.

Sekalipun terlihat sepele, ada baiknya mengetahui penyebab sakit perut sebelah kiri sering muncul. Jangan sampai diabaikan karena dikhawatirkan menjadi permasalahan serius.

Dinukil dari detik.com, sakit perut sebelah kiri paling umum disebabkan oleh hal di bawah ini:

1. Kembung

Apabila perut sebelah kiri tiba-tiba merasa sakit, maka bisa jadi disebabkan karena kembung. Penyebab kembung sendiri bisa karena sering merokok, makan berlebihan, mengkonsumsi makanan yang mengandung gas berlebihan atau karena mengunyah permen karet.

Rasa kembung di perut sebelah kiri pada beberapa orang akan menimbulkan rasa nyeri. Serta, apabila perut di ketuk menggunakan jari, akan berbunyi nyaring seperti balon yang sudah ditiup.

2. Tanda Awal Penyakit Radang Usus

Sakit perut sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh penyakit radang usus atau Crohn. Ini merupakan kondisi yang bisa menyebabkan peradangan yang menyakitan pada saluran pencernaan.

Penyakit Crohn ini bisa terjadi di usus kecil, kolitis ulserativa, dan paling sering di usus besar. Meski belum diketahui penyebabnya, ada beberapa gejala muncul yang bisa dikenali yaitu sakit perut, diare berdarah, demam, dan penurunan berat badan.

3. Gangguan Pencernaan

Penyebab lain sakit perut sebelah kiri adalah gangguan pencernaan karena adanya penumpukkan asam setelah makan. Nyeri akibat gangguan pencernaan ini bisa terjadi di perut bagian atas atau bawah.

Sebagian besar kasus gangguan pencernaan ini tergolong ringan. Adapun gejala yang bisa dialami seperti muncul sensasi terbakar, muncul rasa sakit, ketidaknyamanan, mulas, dan kembung.

Nah, setelah membaca penyebab sakit perut sebelah kiri di atas, jangan sesekali meremehkan apabila sudah terasa. Segera konsultasilkan ke dokter spesialis agar segera mendapatkan penangan khusus. (trj/may)