Yuk, Ketahui Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan

705

 

Pasuruan (wartabromo.com) – Sebagaian besar orang mungkin masih asing dengan buah matoa. Sebab, tak marak diperjual belikan, apalagi di daerah perkotaan.

Bagi yang pernah mencoba buah matoa, pasti ketagihan dengan rasanya manis. Sebab, mirip dengan buah durian dan teksturnya mirip dengan rambutan.

Tak hanya sekedar rasa, dilansir dari beberapa sumber, buah matoa ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja?

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Beberapa riset menunjukkan, ekstrak buah matoa dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil. Senyawa fenolik yang terkandung dalam ekstrak buah ini diketahui mampu menurunkan penyerapan gula darah di usus.

Baca Juga :   Duri Ikan Nyangkut di Tenggorokan? Ini Trik Singkirkannya

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah matoa dalam menjaga kesehatan jantung datang dari efek antioksidan polifenol di dalamnya. Matoa mampu mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah, sekaligus mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL).

Bagi orang yang mengkonsumi matoa akan lebih mudah terhindari dari penyakit kardiovaskular. Termasuk gagal jantung, serangan jantung, dan stroke.

3. Melancarkan Pencernaan

Buah matoa telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu melancarkan pencernaan. Kandungan antioksidan yang mudah diserap usus inilah yang mampu melancarkan pencernaan.

4. Mencegah Penyakit Kanker

Berkat kumpulan senyawa bioaktifnya, buah matoa juga berpotensi untuk mencegah penyakit kanker. Aktivitas antioksidan dari senyawa bioaktif ini diketahui mampu melawan radikal bebas berlebih. (trj/may)