Seram! Ini Tembang Jawa yang Membuat Bulu Kuduk Merinding

9998

Pasuruan (wartabromo.com) – Salah satu karya sastra Jawa yang terus dilestarikan adalah “tembang”. Seni suara pada “tembang” Jawa pun terkenal dengan alunan musik yang merdu dan menenangkan.

Namun, tahukah Bolo? Beberapa “tembang” Jawa mempunyai sisi mistis yang melekat di masyarakat. Lantas, apa saja “tembang” Jawa tersebut? 

Dinukil dari merdeka.com, berikut ini diantaranya.. 

1. Lingsir Wengi 

Lagu berjudul ‘Lingsir Wengi’ adalah sebuah lagu yang seluruh liriknya berbahasa Jawa. Tak banyak yang tahu tentang makna asli dari lirik lagu ini. 

 Namun cerita yang berkembang di masyarakat khususnya di tanah Jawa, lagu ini adalah ritual untuk memanggil hantu. Hantu yang dimaksud adalah hantu wanita, atau yang biasa disebut kuntilanak.

Baca Juga :   Rekomendasi Film Horor Terseram 2021, Mau Coba Nonton?

2. Malam Satu Suro 

Tembang ini sebetulnya tidak memiliki lirik yang menyeramkan. Hanya saja, masyarakat masih mempercaya jika tembang ini mempunyai hawa mistis yang dinyanyikan oleh Sunder Bolong atau Susana. 

3. Tembang Takdir 

Tembang ini lebih dikenal dengan misteri takdir. Menurut kepercayaan masyarakat Jawa, lagu ini jika dinyanyikan akan bisa memanggil setan yang bernama Lita. 

Konon jika lagu ini dinyanyikan dan si Lita akan datang, maka akan terjadi suara ketukan pintu dan bau harum bunga melati. 

Entah benar atau tidak, yang jelas keyakinan masyarakat tentang tiga “tembang” Jawa di atas telah diperkuat oleh adanya kejadian mistis yang pernah terjadi. So, apa Bolowarmo juga percaya? (trj/may)