Sering Ngerasa Gaji Cepat Habis? Waspada, Jangan-jangan Ini Penyebabnya!

4133

 

Pasuruan (wartabromo.com) – Tak sedikit orang merasa gaji bulanannya cepat habis padahal sudah berhemat. Tak ayal jika habisnya gaji bulanan semakin menjadi persoalan, terutama di masa pandemi seperti sekarang.

Bagi Bolo warmo adakah yang merasa gaji bulanannya cepat habis padahal sudah berhemat? Nah, jika ada, lantas apakah tahu penyebabnya?

Mengutip dari buku ‘Bisa Saving tapi Tetap Shopping’ karya John Afifi, penyebab dasar gaji bulanan cepat habis adalah karena tidak adanya perencanaan keuangan yang jelas.

Namun ternyata, tak hanya itu. Ada penyebab lain yang jarang disadari orang terkait gaji yang cepat habis. Apa saja? Dinukil dari liputan6.com, ini penyebab lainnya:

Baca Juga :   Nyambi Jual Nomor Togel, Pedagang Elpiji asal Pohjentrek Ditangkap

1. Tidak Mencatat Pengeluaran Setiap Harinya

Penyebab ini jarang disadari namun sering kali terjadi. Meski terkesan sepele, namun dengan mencatat pengeluaran setiap hari akan memudahkan untuk mengetahui berapa besar nominal yang dikeluarkan setiap bulannya.

Nah, total pengeluaran yang tercatat bisa dijadikan bahan evaluasi untuk bulan selanjutnya. Setiap orang  bisa mencatat semua pengeluaran dengan buku maupun aplikasi yang tersedia smartphone. Kemudian kalkulasikan jumlah pengeluaran setiap bulannya.

2. Cenderung Membuang-Buang Uang Seolah Pendapatan Terus Meningkat

Tak ada yang salah untuk meningkatkan standar hidup ketika memang mampu melakukannya. Bagaimanapun, jika diri sendiri termasuk orang yang cenderung mudah menghabiskan uang, hal tersebut akan menjebak diri pada situasi sulit.

Baca Juga :   Gaji Kecil tapi Biaya Hidup Terus Naik? Begini Cara Mensiasatinya

Sehingga tidak memungkinkan untuk memiliki tabungan. Mulai sekarang cobalah untuk mengatur pengeluaran sejalan dengan meningkatnya pemasukan.

3. Tak Bisa Membedakan Antara Kebutuhan, Keinginan dan Keuangan

Biasanya seseorang cukup sulit membedakan mana kebutuhan dan keinginan, sehingga berpengaruh pada perencanaan keuangan. Untuk itu, mulailah memilah prioritas kebutuhan agar tidak tercampur dengan hasrat yang membuat perencanaan anggaran jadi berantakan.

Pasalnya, jika tidak bisa membedakan antara kebutuhan, keinginan dan keuangan, gaji bulanan akan cepat habis. Nah, tak mau hal ini terjadi, kan? (trj/may)