Relawan Muda Probolinggo Buat Peti Jenazah Covid-19

771

 

Kedopok (wartabromo.com) – Beragam cara dilakukan untuk menunjukkan kepedulian pada pandemi covid19 yang masih melanda. Seperti yang dilakukan sekelompok pemuda yang menamakan diri relawan humanis. Wujud kepedulian itu dilakukan dengan membuat peti jenazah untuk korban covid19 di Kota Probolinggo.

Lokasi pembuatan peti jenazah itu ada di halaman belakang kantor BPBD Kota Probolinggo. Sekelompok pemuda, sibuk membuat peti jenazah untuk korban covid19.

Layaknya seorang tukang kayu, mereka menggergaji dan menghaluskan kayu. Kemudian mengecat semua bahan yang dipakai untuk membuat peti jenazah.

Mereka adalah sekelompok pemuda yang menamakan diri relawan humanis. Melakukan aksi ini sebagai bentuk kepedulian terhadap pandemi covid19 yang banyak memakan korban jiwa.

Baca Juga :   Terimbas Banjir, Jalur Probolinggo-Lumajang Macet Parah hingga Pemkab Pasuruan Siap Gelontor Rp 10 M Bangun Rumah Sakit NU | Koran Online 1 Maret

“Aksi ini kami lakukan setelah penggalangan donasi dari jaringan sejumlah donatur, yang ada di berbagai daerah di Indonesia,” kata salah satu relawan, Dimas Adrianto, Senin (9/8/2021).

Dimas dan kawan-kawan kemudian membelanjakan hasil donasi itu untuk membeli kebutuhan yang diperlukan dalam pembuatan peti jenazah. Mulai dari triplek, cat, amplas, hingga paku.

Sejauh ini, baru empat peti jenazah yang dihasilkan relawan humanis ini. Selanjutnya, seluruh peti jenazah akan disumbangkan kepada RSUD dr. Mohammad Saleh, Kota Probolinggo.

Sebagai informasi, relawan humanis terbentuk dari berbagai organisasi kepemudaan yang berorientasi pada gerakan kemanusiaan. Walaupun bekerja tanpa upah, namun mereka sangat peduli dengan kondisi lingkungan yang ada.

Baca Juga :   Tak Berijin, Satpol PP Akhirnya Turunkan Banner Relawan HATI

“Sebelum ini kami juga lakukan pendampingan dan pengawasan pada 47 warga kota, yang tengah lakukan isolasi mandiri di rumahnya,” kata Kalaksa BPBD Kota Probolinggo, Sugito Prasetyo.

Satgas covid19 Kota Probolinggo menyebut, sudah ada 4177 orang yang terkonfirmasi positif covid19. Dari jumlah itu 3140 orang dinyatakan sembuh. Serta 284 orang meninggal dunia. Data kematian terakhir menyebutkan ada penambahan sebanyak 13 orang yang meninggal dunia. Sedangkan kasus aktif mencapai 753 orang. (lai/saw)