Bulan Ini Vaksinasi di Kota Pasuruan Sasar Warga Disabilitas

799

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Warga penyandang disabilitas di Kota Pasuruan akan disuntik vaksin bulan ini. Pemkot Pasuruan telah menyediakan stok vaksin yang diperuntukkan bagi mereka.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pasuruan, Shierly Marlena mengatakan, pekan depan Pemkot Pasuruan akan melaksanakan vaksinasi untuk ribuan tenaga kesehatan.

“Untuk warga disabilitas, dilaksanakan setelah vaksinasi nakes,” kata Shierly, Minggu (08/08/2021).

Dijelaskan Shierly, saat ini jumlah stok vaksin yang tersedia untuk warga disabilitas berjumlah 137 dosis. Namun target sasaran warga disabilitas yang akan divaksin kisaran 600-an orang.

Rencananya vaksinasi akan dilaksanakan di puskesmas-puskesmas masing-masing. Pihak dinkes, lanjut Shierly, masih berkoordinasi dengan dinsos dan dispendukcapil untuk mendata warga disabilitas.

Baca Juga :   Pemkot Pasuruan Berikan Bantuan Rehab Rumah Untuk 27 Korban Puting Beliung

“Kami masih berkoordinasi dulu dengan dinsos dan dispendukcapil. Karena sebagian ada yang juga belum ber-NIK,” imbuh Shierly.

Terpisah, Sekretaris Ikatan Tuna Netra Muslim Indonesia Cabang Pasuruan, Deni Kurniawan mendukung vaksinasi untuk disabilitas ini. Menurutnya, baru sedikit warga disabilitas yang sudah disuntik vaksin.

Namun begitu, ia juga berharap pemerintah memberikan sosialisasi tentang vaksin yang komprehensif kepada warga disabilitas. Hal ini agar warga disabilitas termakan informasi-informasi simpang siur di masyarakat.

“Jadi misalnya ada cerita nggak mau divaksin karena dengar cerita yang nggak bener. Memang di internet sudah ada informasi lengkap. Tapi kan banyak teman-teman disabilitas yang tidak bisa mengaksesnya,” kata Deni. (tof/asd)