Data BPS Sebut Kesadaran Prokes Masyarakat Kota Pasuruan Tinggi

1358

Pasuruan (WartaBromo.com) – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pasuruan melakukan survei perilaku masyarakat Kota Pasuruan di masa pandemi Covid-19. Hasil survei itu menyebut bahwa tingkat kesadaran masyarakat terhadap prokes tinggi.

Kepala BPS Kota Pasuruan, Sri Kadarwati membeberkan, 91,67 persen masyarakat Kota Pasuruan sudah mengenakan masker satu lapis setiap beraktivitas di luar rumah. Lalu 58,21 persen masyarakat mengenakan masker dua lapis.

Kemudian 67,55 persen masyarakat Kota Pasuruan sudah menghindari kerumunan dan selalu jaga jarak saat berinteraksi dengan orang minimal dua meter.

Data lainnya, 79,92 persen masyarakat Kota Pasuruan sudah mengurangi mobilitas dan lebih banyak tinggal di rumah. Lalu 91,92 persen masyarakat sadar untuk menjaga imun tubuhnya.

Baca Juga :   Pembunuh Anggota Kodim Probolinggo Ditembak Mati hingga Pemkab Pasuruan Beri Warning Setelah Klaster Perusahaan Bermunculan | Koran Online 23 Juni

Dijelaskan Sri, survei ini dilakukan secara online karena masih dalam situasi pandemi Covid-19. Survei ini melibatkan 792 penduduk dengan rincian 53,3 persen pria dan 46,7 persen perempuan.

“Termasuk soal vaksinasi. Data kami, 81,31 persen responden sudah vaksin,” kata Sri Kadarwati.

Terpisah, Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengapresiasi paparan hasil survei BPS tersebut. Menurutnya, data statistik ini penting untuk pemerintah dalam merumuskan langkah strategis penanganan Covid-19.

Angka penularan di Kota Pasuruan per tanggal 18 Agustus 2021 kemarin termasuk rendah di Jawa Timur dengan total kasus 3.838 dan kasus aktif 79.

“Kita selalu galakkan gotong royong bersama hadapi pandemi termasuk bagaimana terus menerus mensosialisasikan pentingnya prokes,” kata mantan Wakil Gubernur Jawa Timur ini. (tof/**)