Akan Dibuka Wisata Air Terjun Umbulan, Karta Sukapura Kibarkan Bendera Raksasa

1180

Sukapura (wartabromo.com) – Momentum Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) Ke-76 dimanfaatkan oleh karang taruna (Karta) Desa Sukapura, Kecamatan Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur untuk mempromosikan desa wisata.

Anak muda di karta yang tergabung dalam Heppiii Community ini juga berhasil mengibarkan bendera ukuran raksasa di atas tebing setinggi 120 meter.

Ketua Karta Sukapura Subur Ardiansyah mengatakan sebelum mengibarkan bendera merah putih ini, anggota Karta Sukapura harus melakukan persiapan di lokasi selama tiga hari. Persiapan itu seperti membersihkan jalur pendakian, kemudian melakukan ritual sesuai kepercayaan warga setempat, serta mengenal medan.

“Tebing ini sangat curam, di bawahnya ada air terjun, jadi perlu berhati-hati untuk memasang bendera raksasa yang memiliki ukuran 12 kali 8 meter ini. Karena itu kami juga dibantu oleh teman-teman dari anggota TNI juga di sana,” katanya.

Bendera merah putih ukuran jumbo ini akhirnya berhasil dikibarkan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76. Puluhan anggota karta juga melakukan upacara bendera di lokasi tersebut.

“Sebelum upacara kami menggelar konvoi dengan membawa bendera merah putih menuju lokasi. Konvoi ini kami lakukan dengan jumlah terbatas dan tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan,” terangnya.

Pemasangan bendera raksasa ini tuntas dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 11.30 WIB. Bendera yang dipasang ini juga lebih besar dibanding dengan bendera ukuran besar lainnya pada 2018 yang hanya berukuran 4 x 8 meter. Saat itu bendera dipasang oleh anggota karta yang lokasinya tidak jauh dari sumber mata air Umbulan, Sukapura.

Pemasangan bendera raksasa ini juga sebagai persiapan bakal dibukanya kembali obyek wisata di Sukapura, yakni air terjun Umbulan. Harapannya, obyek wisata ini bisa dibuka kembali dalam waktu dekat ini.

“Obyek wisata ini memiliki mata air yang jernih, lokasinya juga sangat alami karena di antara banyak tebing, mudah-mudahan kami bisa buka lagi,” jelasnya.

Obyek wisata mata air Umbulan ini dikelola oleh warga desa setempat, mata air dari sumber ini menyuplai kebutuhan warga sekitar. Air yang jernih dan rerimbunan hutan yang masih sangat alami, menjadi pemandangan indah obyek wisata tersebut.

Koordinator Karta Heppiii Community Probolinggo Dwi Haryantoro sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Karta Sukapura. Menurutnya, kegiatan pengibaran bendera di alam terbuka ini merupakan bentuk nasionalisme yang dibalut dengan kreativitas.

“Selain ikut memeriahkan HUT RI ke 76, karta juga turut mengkampanyekan perlindungan lingkungan serta turut mempromosikan obyek wisata mata air Umbulan,” ungkapnya. (yog/yog)