3 Peristiwa Paling Aneh Saat Tidur yang Dikaitkan dengan Hal Mistis

638

Pasuruan (wartabromo.com) – Tidur di malam hari memang waktu yang tepat untuk mengistirahatkan tubuh. Lebih lagi setelah melakukan berbagai aktivitas berat sepanjang hari.

Pada dasarnya, setiap orang ingin tidur dengan nyenyak di malam hari. Tujuannya tidak lain adalah untuk memulihkan energi yang sudah terkuras dan bisa beraktifitas dengan maksimal di keesokan harinya.

Namun, alih-alih nyenyak, banyak orang yang merasakan sensasi aneh dan tidak menyenangkan saat sedang tertidur. Dan, hal tersebut sering juga dikatikan dengan hal mistis.

Dilansir dari tribunnews.com, ada 3 paling aneh saat tidur yang bisa jadi sering dialami orang. Apa saja? Yuk, simak!

1. Sleep Paralysis

Orang yang mengalami sleep paralysis adalah saat terbangun malam hari tapi merasa tubuhnya tak bisa bergerak. Situasi ini membuat banyak orang percaya akan hal menakutkan dan meyakini ada ‘orang lain’ di ruangan itu.

Bagi masyarakat Jawa, kejadian tersebut disebut dengan “ketindihan/lindihen”. Bahkan, di masa lalu, sleep paralysis dikaitkan dengan adanya kenakalan dari makhluk lain.

Lantas, benarkan demikian?

Menurut sebuah studi, sebenarnya, kelumpuhan tidur terjadi saat seseorang seseorang dalam keadaan lelah saat sedang setengah tertidur. Bahkan, Sekitar 7% dari populasi pernah mengalami kelumpuhan tidur setidaknya sekali dan biasanya terjadi saat posisi tidur telentang atau menghadap ke atas.

2. Bermimpi dalam Mimpi

Pernah mengalami kejadian ini? Kondisi ini adalah saat orang yang tengah bermimpi lantas terbangun, tapi hal-hal aneh terus menimpanya dan ternyata dia hanyalah bermimpi.

Ahli esoterik percaya orang yang mengalami hal itu mengindikasikan praktik spiritual. Namun, ilmu pengetahuan belum bisa menjelaskan mengapa hal itu bisa terjadi.

3. Merasa Keluar dari Tubuh Sendiri

Ini adalah fenomena neuropsikologi. Di mana seseorang setengah tertidur dan setengah bangun, lalu melihat diri sendiri dari tempat di luar tubuhnya. Fenomena ini sangat sulit dipelajari.

Sementara, ilmuwan tahu bahwa ilusi keluar dari tubuh memang ada, tidak jelas bagaimana cara kerjanya dan mengapa hal itu muncul, juga tidak jelas bagaimana menghadapi hal ini.

Selain ketiga hal di atas, peristiwa aneh apa yang pernah Bolo alami saat tertidur? (trj/may)