Yuk, Kenali Jenis-Jenis Plastik dan Kegunaannya

439

Pasuruan (wartabromo.com) – Barang dari plastik sudah lekat dipakai dalam kebutuhan sehari-hari. Mulai dari peralatan makan, rumah tangga hingga wadah-wadah yang ada di sekitar.

Penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari sudah menjadi hal lumrah untuk membungkus sesuatu. Nah, meski sering kali mendapati atau menggunakan plastik dalam kehidupan sehari-hari, ternyata tak sedikit orang yang belum mengetahui jenis-jenis plastik. Padahal hal ini penting sekali diketahui.

Dinukil dari beberapa sumber, setiap jenis plastik mememiliki kegunaannya masing-masing. Untuk lebih jelasnya, simak di bawah ini!

1. Polyethylene Terephthalate (PET atau PETE)

Polyethylene terephthalate adalah jenis plastik yang biasa digunakan untuk kemasan minuman, minyak goreng, saus sambal, dan lain-lain. Cirinta, plastik tidak berwarna atau bening dan jenis ini disarankan hanya sekali pakai.

Jika memakainya berulang kali, apalagi untuk menyimpan sesuatu yang panas, lapisan polimer pada plastik akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogen. Adapun zat karsinogen adalah salah satu penyebab kanker.

2. High Density Poluethylene (HDPE)

High density poluethylene bersifat keras dan merupakan salah satu bahan plastik yang aman digunakan. Hal ini karena kemampuannya untuk mencegah reaksi kimia antara makanan atau minuman dengan wadah plastiknya.

HDPE biasanya digunakan untuk pembuatan botol susu atau jus yang berwarna putih, galon air minum, dan plastik belanja. Meski aman, HDPE tetap disarankan untuk satu kali pemakaian saja.

3. Polyvinyl chloride (PVC atau V)

PVC biasa digunakan untuk membuat botol detergen cair, botol sabun, botol sampo, pipa, dan masih banyak lagi. Jenis plastik ini tidak boleh digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman.

Kenapa? karena mengandung Diethylhydroxylamine (DEHA) yaitu zat yang dapat merusak ginjal dan hati.

4. Low density polyethylene (LDPE)

LDPE sering digunakan sebagai kantong belanja, plastik kemasan, pembungkus makan segar, dan botol-botol lembek. Bahan atau jenis plastik ini memiliki daya perlindungan yang baik pada reaksi kimia.

5. Polypropylene (PP)

Jenis plastik Polypropylene biasa digunakan untuk membuat botol minuman, kotak makanan, dan wadah penyimpanan makanan lainnya yang bisa dipakai berulang-ulang.

Bahan ini adalah jenis plastik terbaik yang bisa digunakan untuk kemasan makanan dan minuman karena bisa mencegah terjadinya reaksi kimia dan tahan terhadap panas. (trj/may)