Tips Menghindari Korsleting Listrik Agar Tak Picu Kebakaran

838

Pasuruan (wartabromo.com) – Baru-baru ini peristiwa kebakaran akibat korsleting listrik banyak terjadi di Pasuruan, Jawa Timur. Kejadian ini tentu saja membuat sebagian besar masyarakat was-was, takut hal serupa terjadi.

Nah, untuk menghindarinya Bolo warmo bisa melakukan berbagai hal yang bisa mencegah korsleting listrik. Seperti memahami penyebab korsleting listrik hingga mengetahui tips-tips menghindarinya.

Dinukil dari berbagai sumber, ini beberapa tips menghindari korsleting listrik:

1. Jangan Menempelkan Stop Kontak Bertumpuk-tumpuk

Tahukah, bolo? Stop kontak yang dibebani dengan berbagai peralatan elektronik bisa hangus dan gosong. Apabila sudah hangus dan gosong, maka dimungkinkan bisa menyebabkan arus pendek dan picu kebakaran.

Nah, oleh karena itu jangan pernah membiarkan atau membiasakan stop kontak terhubung dengan peralatan elektronik. Gunakan stop kontak seperlunya saja.

Baca Juga :   Koran Online 21 Feb : Tunggakan Peserta BPJS nonaktif Capai Rp 4,9 M, hingga Istri Lapor Polisi Supaya Suami dan Selingkuhan Dipecat

2. Matikan Segera Listrik dari KWH Meter

Bila terjadi kebakaran akibat korsleting listrik akibat pengaman Mini Circuit breaker (MCB) tidak berfungsi, jangan menyiram sumber api dengan air. Kenapa? karena tindakan ini bisa memperburuk keadaan.

Sebaiknya, segera matikan listrik dari KWH meter. Tindakan ini akan membantu memutus semua aliran listrik yang ada agar api tidak menyebar.

3. Gunakan Peralatan Listrik yang Berkualitas

Peralatan listrik yang berkualitas ditandai dengan lambang Standar Nasional Indonesia (SNI) atau Lembaga Masalah Kelistrikan (LMK). Pasalnya, peralatan listrik yang memiliki lambang ini sudah teruji keamanannya.

Jangan sesekali tergiur harga peralatan listrik yang murah. Sebab, kebanyakan yang harganya murah lebih lagi tak ada label SNI atau LMK adalah peralatan rakitan pribadi. Sehingga, tak cukup aman digunakan jangka panjang. (trj/may)

Baca Juga :   Penggilingan Padi di Ngabar Kraton Terbakar

Baca juga: Waspada! Ini Penyebab Korsleting Listrik yang Picu Kebakaran