Hiu Tutul 4 Meter Terdampar di Pantai Wotgalih, Kondisinya Masih Hidup

865

 

Yosowilangun (WartaBromo.com) – Seekor hiu tutul yang diperkirakan memiliki panjang 4 meter terdampar di Pantai Wotgalih, Desa Wotgalih, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang, Sabtu pagi (9/10/2021). Hiu ini masih hidup.

Hiu tersebut ditemukan warga sekitar yang akan beraktivitas di sekitar pantai sekitar pukul 06.00 WIB dalam kondisi masih hidup.

Warga yang mengetahui hal tersebut, melapor kepada pengelola wisata dan relawan BPBD Kabupaten Lumajang. Warga pun sempat berusaha untuk membantu hiu tersebut kembali ke laut lepas. Hampir 2 jam terdampar dibibir pantai, akhirnya hiu dengan nama latin rhincodon typus itu berhasil kembali ke laut lepas.

“Iya, di Pantai Wotgalih, tadi (pausnya, red) sudah balik ke laut lepas,” terang Ayon, Anggota BPBD Kabupaten Lumajang saat dimintai informasi.

Hiu Tutul merupakan hewan yang dilindungi karena populasinya terancam punah. Sejak bulan Mei 2013, berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18/Kepmen-KP/2013, status hiu tutul untuk mendapatkan perlindungan penuh.

Diketahui, kawasan pesisir selatan Kabupaten Lumajang memang menjadi langganan mamalia laut terdampar. Karena merupakan lautan lepas Samudra Hindia. (rul/may)