Waspada! Ini Penyebab Angin Kencang di Lumajang

1125

Lumajang (WartaBromo.com) – Angin kencang melanda Lumajang dan beberapa kabupaten di Jawa Timur. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kemudian mengungkap penyebabnya.

Angin kencang ini dirasakan warga di beberapa Kabupaten/Kota di Jawa Timur pada Selasa (21/12/2021). Baik Lumajang, Jember hingga Banyuwangi.

“Iya ini anginnya kencang, jadi takut karena nggak pernah sekencang ini,” kata Grian Oktri, warga Lumajang.

BMKG Jatim kemudian mengungkap penyebab angin kencang ini. Ada peningkatan kecepatan angin dan cuaca ekstrem yang melanda wilayah Jawa Timur.

“Hasil analisis menunjukkan, peningkatan kecepatan angin dikarenakan adanya sirkulasi siklonik di wilayah Jawa Tengah,” terang BMKG dalam rilisnya.

Pusat atmosfer bertekanan rendah di laut Jawa sebelah Utara Jawa Tengah ini menarik udara di sekitar Jawa Timur. Aksi tarik di udara ini seperti gasing yang sedang memutar. Nah, sumbunya berada di laut Jawa.

Baca Juga :   Bupati-Wabup "Bersih-bersih", Kadisparbud Lumajang Dicopot

Ini yang menyebabkan sirkulasi siklonik dan memicu peningkatan kecepatan angin di Jatim. “Sebagai catatan aliran siklonik ini masih kategori pusat atmosfer bertekanan rendah, bukan bahkan berbeda dengan siklon tropis, yang memiliki pusat tekanan sangat rendah dengan dampak lebih parah,” lanjutnya.

Akibat dari peningkatan ini, BMKG meminta warga waspada adanya potensi peningkatan angin hingga curah hujan. “Masyarakat diimbau untuk waspada terhadap potensi peningkatan kecepatan angin dan peningkatan potensi hujan sedang-lebat disertai petir di wilayah Jawa Timur dalam 2-3 hari ke depan,” tandasnya.

Sekadar informasi, selain melanda Lumajang, peningkatan angin kencang ini dilaporkan di Pacitan, Ponorogo, Tulungagung. Kemudian di Trenggalek, Blitar, hingga Malang.

Baca Juga :   Koran Online 1 Maret : 2 Debt Collector Resahkan Warga Ditangkap, hingga Viral Video Ayah Wakili Wisuda Putrinya yang Meninggal

Akibat dari peristiwa ini, beberapa pohon di Lumajang dilaporkan tumbang. Beruntung tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini. (may/ono)

Baca juga: Angin Kencang, 5 Pohon di Lumajang Tumbang