Bidik Pariwisata Pulihkan Ekonomi di Tengah Pandemi, Pemkab Pasuruan Bangun Showroom UMKM di 2 Kecamatan

456
Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemkab membidik sektor pariwisata untuk pemulihan ekonomi di Kabupaten Pasuruan. Tahun ini pemkab akan membangun dua rest area sekaligus showroom UMKM.

“Kita ingin pariwisata kembali bergairah,” kata Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, Senin (24/01/2022).

Menurut Irsyad, sektor pariwisata mampu menimbulkan multiplier effect bagi ekonomi masyarakat di tengah pandemi kali ini. Pelaku UMKM, pengusaha travel, pekerja transportasi, akan ikut terdampak jika sektor pariwisata kembali bergerak.

Untuk itu, tahun ini, pemkab akan membangun kawasan rest area, pusat informasi kepariwisataan, sekaligus showroom UMKM. Lokasi yang dipilih adalah Kecamatan Pasrepan dan Kecamatan Tutur.

Dua kecamatan tersebut dipilih karena lokasinya dinilai strategis. Di Kecamatan Tutur ada sejumlah lokasi wisata, kemudian di Kecamatan Pasrepan merupakan akses yang harus dilewati untuk menuju wisata Gunung Bromo.

Baca Juga :   Atasi Stunting, Dinkes Kota Pasuruan Gencarkan Bimtek Motivator ASI

Menurut Irsyad, di dua kawasan tersebut diintegrasikan dengan wisata edukasi di bidang pertanian dan peternakan di sekitar lokasi. Ia berharap ini akan memicu percepatan pemulihan ekonomi di Kabupaten Pasuruan.

Sementara itu, anggaran untuk membangun di dua lokasi berasal dari dua sumber yakni DAK dan APBD. Di Kecamatan Tutur, pemkab menggunakan alokasi DAK sebesar Rp8 miliar.

“Kalau yang di Pasrepan bersumber dari APBD. Meskipun tidak banyak, tapi akan kita manfaatkan,” imbuh Irsyad. (tof/ono)