Cara Menyejukkan Rumah saat Panas Tanpa Pakai AC

493

Pasuruan (wartabromo.com) – Cuaca panas terik yang terjadi di Pasuruan, Lumajang dan Probolinggo membuat masyarakat gelisah. Pasalnya, hendak melakukan aktivitas apapun jadi tak nyaman.

Bahkan, menurut keterangan BMKG, cuaca panas ini juga dirasakan sebagian warga Indonesia. Maka, tak heran jika saat ini banyak yang mencari cara menyejukkan rumah saat cuaca sedang panas.

Nah, bagi yang sedang mencari cara menyejukkan rumah maka bisa simak di bawah ini!

1. Matikan Barang Elektronik yang Tidak Digunakan

Penggunaan barang elektronik secara berlebihan memang membuat keadaan ruangan semakin panas. Misalnya TV, komputer, laptop, dan lampu.

Selain membuat udara dalam ruangan menjadi stabil, mematikan barang elektronik yang tak digunakan juga bisa menghemat tagihan listrik, lho. Yuk, segera lakukan!

Baca Juga :   Waspada! Ada Peningkatan Sambaran Petir

2. Tutup Tirai dan Gorden

Saat cuaca panas sinar matahari yang masuk ke rumah akan menambah rasa panas dalam ruangan. Maka, untuk menyejukkan udara dalam rumah tutup tirai dan gorden.

Bisa juga sedikit buka jendela dan buat ventilasi tambahan agar angin dari luar masuk ke dalam rumah. Ini bisa dilakukan bagi yang tidak memiliki AC atau tak cukup sejuk menggunakan kipas angin.

3. Tanam Tanaman di Depan Rumah

Cara menyejukkan rumah saat cuaca panas selanjutnya adalah dengan menanam tanaman di depan rumah. Apa saja tanaman yang direkomendasikan dan bisa memberikan nuansa sejuk?

Ada Peace Lily Varigata, Lidah Mertua, Sirih Gading, Lidah Buaya dan masih banyak lagi. Untuk menjaga kesuburan tanaman, pastikan tanaman diletakkan di ruangan yang terdapat ventilasi dan cukup sirkulasi udara, ya. (trj/may)