Buah Kerja Keras, Ilyas Sang ‘Kyai Karak’ Asal Wonorejo Akhirnya Naik Haji

1416

Pasuruan (wartabromo.com) – Buah kesabaran dan kerja kerasnya Moh. Ilyas, pria yang sehari – hari jual beli karak asal Desa Sumbergentong Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan Jawa Timur akhirnya bisa berangkat ke tanah suci tahun ini.

Moh. Ilyas berangkat melalui kloter 17 Kabupaten Pasuruan dan terbang ke Baitullah pada Kamis (16/6/2022) kemarin.

Pria yang kini berusia 48 tahun ini memang kerap berkeliling dari kampung ke kampung untuk berjual beli nasi sisa yang sudah dikeringkan atau karak.

Usaha tersebut mulai ia rintis sejak tahun 1995 dengan bermodalkan sepeda onthel untuk mencari pelanggannya.

“Saya awalnya membeli karak masih seharga 500 rupiah per kilo. Lalu saya jual kembali seharga 1.000 rupiah per kilo,” terangnya seperti dikutip wartabromo.com dari partner kumparan Basra (Berita anak Surabaya).

Baca Juga :   90 CJH di Pasuruan Dinyatakan Mundur

Tak hanya pandai berjual beli karak, M. Ilyas ternyata juga memiliki kemampuan berceramah dan menyanyi. Bahkan kebiasaannya disela jualan kerap menghibur dan diabadikan oleh pelanggannya melalui video. Ia pun dijuluki kyai Karak oleh pelanggannya.

“Sambil keliling-keliling, ada seorang pelanggan yang mengetahui kalau saya ini bisa ceramah, nyanyi juga bisa. Akhirnya sama dia, saya diundang ke acara tasyakurannya. Dari situ orang-orang tahu kalau saya bisa nada dan dakwah,” cerita pria yang mengaku sudah ditinggal ayahnya sejak usia 4 tahun tersebut.

Dari situlah, Ia mulai mendapatkan pendapatan tambahan dan mulai berkeinginan untuk mendaftar haji sekira tahun 2015. Padahal kala itu, ia hanya memiliki uang Rp5 Juta sehingga ia pun harus menggunakan dana talangan sana sini.

Baca Juga :   Kemenag Pasuruan Ajukan 140 CJH Lansia Berangkat ke Makkah Tahun Ini

“Akhirnya saya mendaftar lewat dana talangan. Meskipun kalau dihitung-hitung, jatuhnya lebih mahal. Alhamdulillah sudah bisa saya lunasi,” urainya.

Kini ia pun terpilih menjadi tamu Allah dan sudah berangkat ke tanah suci bersama 657 Jmaah haji asal Kabupaten Pasuruan.

Selamat pak Ilyas semoga menjadi Haji yang mabrur. Amin! (yog/yog)