Jaga Kebersamaan, Komunitas di Probolinggo Kolaborasi Bagikan Daging Kurban ke Suku Tengger

103

Probolinggo (wartabromo.com) – Karang taruna (karta) yang tergabung dalam Heppiii Community Probolinggo membagikan daging kurban ke masyarakat sekitar suku Tengger tepatnya di Desa Sapikerep. Seluruh perwakilan komunitas ini bersama warga sekitar yang mayoritas Hindu membaur saat pembagian daging yang dibungkus dengan besek tersebut.

“Ini adalah wujud dari sikap toleransi dan kebersamaan komunitas, jadi untuk saling berbagi kami bawa dua ekor kambing untuk dibagikan di sana (warga Tengger). Tujuan besar kita adalah mewujudkan teloransi umat beragama ,” kata Koordinator acara bertema KITA Berbagi 2022, Andi Susantyo didampingi Dwi K, Rabu (13/7/2022).

Selama ini karta desa setempat selalu berkolaborasi dengan Heppiii Community dalam berbagai kegiatan sosial di wilayah Probolinggo dan sekitarnya. Kini saat momen Idul Adha, Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) kembali menggelar kegiatan sosial bertema KITA Berbagi 2022 dengan konsep ramah lingkungan.

Baca Juga :   Stok Hewan Kurban Dijamin Aman

“Semua wadah yang digunakan sebagai tempat daging kurban adalah besek dan daun jati serta daun pisang. Jadi kami tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai,” ungkapnya.

Komunitas yang tergabung dalam kegiatan KITA Berbagi 2022 ini adalah Komunitas pemuda Desa Sapikerep, Komunitas pemuda Desa Sukapura, Couple Laweyan, Komunitas pemuda Kelurahan Pohsangit Kidul, PHC Kel Pilang, Komunitas pemuda Kel Kademangan Bangkit 76, Komunitas Dunggaleng green Kel Kedunggaleng, Komunitas pemuda Desa Kalibuntu, Karta Patriot Desa Brumbungan Lor, Karta Tunas Muda Desa Sepuh Gembol, Karta Papeda Desa Kedung Dalem dan Komunitas pemuda Desa Kedungsari (Andeng Pro).

Selain Karta Heppiii Community, kegiatan ini juga diikuti oleh anak motor Bold Riders Probolinggo, seperti dari NVL-RP, PCBC, dan KCI Probolinggo. Mereka juga turut ke wilayah Sapikerep untuk membagikan daging ke warga Suku Tengger di wilayah Bromo
Program KITA Berbagi 2022 ini serentak dilaksanakan di 87 kabupaten Kota di Indonesia Timur. KITA Berbagi tahun ini ada 637 ekor sapi dan kambing yang dibagikan ke masyarakat.

Baca Juga :   Pemerintah Tetapkan Idul Adha Jatuh Pada 11 Agustus 2019

Pada tahun 2020 dan 2021, Program KITA Berbagi telah mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas berbagai pencapainnya.
Pada tahun 2021 lalu, Komunitas KITA meraih rekor MURI untuk kategori jumlah pembagian paket kurban terbanyak dengan total 13.398 paket kurban.

Tahun ini kolaborasi berbagai komunitas ini juga akan kembali membuat rekor baru yakni membagikan hewan kurban dengan menggunakan wadah ramah lingkungan (nonplastik sekali pakai) terbanyak di Indonesia.

Data awal sudah ada 10.583 paket daging kurban yang dibagikan dengan wadah ramah lingkungan seperti besek, daun jati, daun pisang dan wadah ramah lingkungan lainnya. Data ini adalah jumlah sementara dan diperkirakan akan terus bertambah dalam sepekan kedepan. (yog/yog)