Tak Sekadar Tanaman Hias, Bunga Satu Ini Ternyata Punya Segudang Manfaat Bagi Kesehatan

203

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pecinta tanaman hias pasti tak asing dengan bunga bernama “Jengger Ayam”. Tanaman ini ternyata tak sekadar indah, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Dilansir dari litbang.pertanian.go.id, meski bentuknya sedikit aneh, bunga jengger ayam mengandung minyak lemak, kaempferitrin, amaranthin, pinitol. Rasanya pun manis dan memiliki sensasi sejuk.

Dengan kandungannya yang sedemikian, tak heran jika bunga jengger ayam banyak diracik sebagai ramuan untuk kesehatan. Lantas, masalah kesehatan apa saja yang bisa diatasi dengan bunga ini?

Yuk, simak!

Menghentikan pendarahan. Ekstrak jengger ayam mampu mengatasi virus yang menyebabkan gangguan darah atau infeksi darah. Serta, dapat menghentikan perdarahan pada luka di tubuh seperti luka mulut, luka pada kulit, dan batuk berdarah.

  • Mengatasi diabetes. Ekstrak metanol dari daun jengger ayam mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan menurunkan kadar trigliserida dalam darah.
  • Meredakan demam dan nyeri radang. Ekstrak jengger ayam memiliki aktivitas antinosiseptif yang berperan untuk meredakan radang, demam, dan rasa nyeri.
  • Mengatasi penyakit cacingan. Ekstrak daun dari jengger ayam dapat membunuh cacing tanah serta cacing parasit Pheretim posthuma yang dapat menyebabkan infeksi pada usus.
  • Menurunkan tekanan darah. Ekstrak biji dari jengger ayam dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Oleh karenanya, penderita hipertensi tak perlu repot mengkonsumsi obat medis.
Baca Juga :   21 Pengunjung Warung Kopi Swab On The Spot, 8 Reaktif

Selain kelima manfaat di atas, tentu masih banyak manfaat lainnya. Namun, dalam mengolah bunga jengger ayam untuk obat tak boleh sembarangan, pastikan paham cara mengolahnya, ya.

Bagi yang sedang mencari bibit bunga jengger ayam, bisa beli langsung di sini. (trj)