Pemkot Pasuruan Punya Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri, Urus Kependudukan Lebih Mudah!

171
Pemkot Pasuruan Punya Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri, Urus Kependudukan Lebih Mudah!

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemerintah Kota Pasuruan kini memiliki mesin anjungan dukcapil mandiri (ADM). Melalui mesin tersebut, warga bisa mendapatkan semua dokumen kependudukan layaknya ambil uang di mesin anjungan tunai mandiri (ATM).

“Kami support pemerintah daerah yang punya keinginan kuat untuk maju, salah satunya layanan adminduk. Beberapa bulan lalu saya ke sini belajar cara pencatatan kematian, karena di Kota Pasuruan termasuk bagus,” kata Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh kepada Wali Kota Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di Gedung Gradhika Praja, Kota Pasuruan, Sabtu (27/8/2022) lalu.

Mesin ADM tersebut merupakan bantuan langsung dari Kemendagri kepada daerah yang terus melakukan inovasi, khususnya bidang layanan administrasi kependudukan.

Baca Juga :   Wisatawan Penuhi Tretes, Polisi Siapkan 3 Kantong Parkir

Sebagai apresiasi, Kemendagri memberi hadiah satu anjungan dukcapil mandiri untuk proses pelayanan publik yang lebih baik. Meski hanya satu mesin, Zudan berharap bisa meningkatkan layanan adminduk Kota Pasuruan.

“Pak Mendagri memberi hadiah satu anjungan dukcapil mandiri untuk proses pelayanan publik yang lebih baik,” tandasnya.

Dijelaskannya, masyarakat yang ingin mencetak dokumen kependudukan di mesin ADM terlebih dulu mendaftarkan nomor handphone ke Dispendukcapil. Setelah nomor terdaftar, baru kemudian meminta PIN dan QR Code dokumen yang dibutuhkan.

“Kalau ingin cetak KK, daftar minta KK. Nanti dikirim PIN dan QR Code untuk cetak KK, kemudian dicetak di mesin ini. Cara kerja ADM tidak berbeda jauh dengan ATM. Kalau ATM keluar uang, ADM keluarnya dokumen kependudukan,” jelasnya.

Baca Juga :   Doa Bersama Jelang Pilkades, Bupati : Cakades Harus Siap Menang Siap Kalah

Adapun berkas kependudukan bisa langsung dicetak melalui ADM tersebut. Oleh karenanya, masyarakat tak perlu susah-susah lagi untuk mencetak berkas itu secara mandiri.

Saifullah Yusuf, Wali Kota menyampaikan terima kasih atas bantuan mesin ADM tersebut. Ia berharap Dispendukcapil Kota Pasuruan segera menyosialisasikan kepada masyakarat agar bisa segera memanfaatkan mesin ADM tersebut.

“Mesin ADM ini nanti akan kami taruh di Mal Pelayanan Publik,” tutur Gus Ipul. (don/**)