Revitalisasi Pasar Besar Kota Pasuruan Bertahap, Tahun Ini Dikucuri Rp3,8 Miliar

154

Pasuruan (WartaBromo.com) – Revitalisasi Pasar Besar Kota Pasuruan dilaksanakan secara bertahap. Tahun ini anggaran yang dikucurkan Rp3,8 miliar.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pasuruan, Yanuar Afriansyah mengungkapkan, saat ini proses revitalisasi pasar besar sudah masuk tahap lelang.

“Bulan September ini kemungkinan sudah mulai dikerjakan,” kata Yanuar, Jumat (02/09/2022).

Yanuar menyebut, meski dilaksanakan secara bertahap, perencanaan rehab pasar besar tetap menjadi satu, sehingga tahun depan ketika proyek dilanjutkan, masih dengan perencanaan yang sama.

Dari anggaran yang dikucurkan di tahap pertama ini, pemkot akan memperbaiki sebagian saja. Di antaranya, perbaikan drainase, los ikan, depo sampah, dan area yang dekat dengan stasiun.

Baca Juga :   Memaknai Kontraksi Ekonomi Kota Pasuruan

“Total anggarannya Rp9,7 miliar. Kalau dikerjakan semua tahun ini waktunya kurang. Jadi dilanjutkan tahun depan,” imbuh Yanuar.

Sementara itu anggota Komisi III DPRD Kota Pasuruan, Ismu Hardiyanto menyayangkan rehab pasar besar yang tidak sesuai harapan, karena tak dilaksanakan semuanya tahun ini.

Ia meminta pemkot melakukan sosialisasi dengan baik kepada pedagang dan, jika diperlukan, merencanakan tempat relokasi yang representatif.

“Pedagang lama tetap mendapatkan kepastian berjualan kembali,” ujar Ismu. (tof/yog)