Perhatikan Hal Ini, Agar Surat Pengunduran Diri Segera di-ACC

89

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebagian orang merasa kesulitan mengajukan resign dari sebuah perusahaan. Ada berbagai sebab atasan menolaknya, salah satunya karena surat resign belum memenuhi kriteria.

Tak sekadar pengajuan, surat pengunduran diri juga berguna untuk menjaga hubungan baik dengan atasan. Serta, mempertahankan nama baik dan koneksi dunia kerja.

Nah, bagi Bolo yang kesulitan mengajukan resign dari suatu perusahaan, jangan galau. Perhatikan dulu hak-hal penting yang harus diterapkan dalam surat pengunduran diri.

Berikut dilansir dari berbagai sumber:

1. Pemilihan Kata yang Sopan

Rangkai kata-kata agar terdengar sopan dan penuh hormat. Meski hendak meninggalkan perusahaan tempat Bolo bekerja, bukan berarti Bolo bebas berujar sesuka hati.

Baca Juga :   Sedia Ruang Belajar Online Gratis, Kartar Patriot Diapresiasi Dispersip Jatim

Ingatlah bahwa koneksi di dunia kerja itu sangat penting!. Pasalnya, memiliki nama baik di sebuah perusahaan dapat menjadi batu lompatan untuk karier di masa depan.

2. Alasan yang Logis

Terangkan alasan Bolo mengundurkan diri dengan singkat, padat, dan jelas. Tidak usah jelaskan alasan secara panjang.

Perusahaan hanya perlu tahu alasan mengundurkan diri, bukan rencana hidupmu dalam 5 tahun. Bila ragu mencantumkan alasan pengunduran diri, Bolo bisa mempertimbangkannya dengan matang lebih dulu.

3. Identitas Diri

Pada surat apapun identitas diri pengirim dan pembuat tentu sangat penting. Apalagi jika perusahaan tempat Bolo bekerja adalah perusahaan besar.

Cantumkan nama, alamat, dan jabatan wajib dicantumkan dalam surat pengunduran diri. Fungsinya adalah sebagai data perusahaan, dan informasi yang lebih mendetail.

Baca Juga :   Sedia Ruang Belajar Online Gratis, Kartar Patriot Diapresiasi Dispersip Jatim

4. Ucapan Terima Kasih

Pada paragraf kedua setelah penjelasan alasan mengundurkan diri, jangan lupa sampaikan rasa terima kasih.

Terangkan kalau Bolo merasa senang dan bersyukur karena telah diberikan kesempatan untuk bekerja di perusahaan tersebut. Poin ini akan membuat Bolo tampak lebih profesional dan rendah hati. (trj)