Tips Memilih Jenis Bahan Bakar yang Cocok untuk Kendaraan Pribadi

80

Pasuruan (WartaBromo.com) – Selama ini tak sedikit orang yang asal memilih jenis bahan bakar untuk kendaraan bermotor. Akibatnya, kinerja kendaraan jadi menurun dan sering mengalami kerusakan.

Apalagi sejak Bahan Bakar Minyak (BBM) dikabarkan naik, masyarakat jadi bingung menentukan bahan bakar untuk kendaraan pribadinya. Antara memilih yang paling murah atau paling bagus.

Nah, daripada bingung sebagai konsumen cerdas sebaiknya tahu tips memilih bahan bakar yang sesuai dengan kendaraan.

Apa saja tipsnya? Berikut dilansir dari berbagai sumber:

1. Sesuaikan dengan CR Mesin

Bolo harus tahu kalau CR (Compressioon Ratio) pada setiap kendaraan bermotor berbeda. Untuk mengetahuinya, silakan baca pada buku manual dari dealer atau situs resmi kendaraan bermotor.

Baca Juga :   Tips Memilih Maskapai Penerbangan yang Aman dan Nyaman

CR ini merupakan perbandingan tekanan ruang bakar dengan langkah piston dari bawah ke atas saat mesin bekerja. Dan harus disesuikan dengan nilai oktan BBM.

2. Hindari BBM Campuran

Sejak kenaikan harga, beberapa oknum memilih mencampur BBM dengan bahan bakar lain yang nilai oktannya tidak seimbang. cara seperti ini salah.

Pencampuran bahan bakar beroktan tinggi dan rendah hanya akan meningkatkan proses pembakaran mencegah gagalnya proses pembakaran. Oleh karena itu, hindari membeli bahan bakar campuran yang biasanya dijual ecer di pinggir jalan.

3. Ikuti Aturan Pabrik

Jika tidak ingin pusing memilih bahan bakar yang cocok untuk kendaraan pribadi, ikuti saja aturan yang sudah dibuat oleh pabrikan.

Baca Juga :   Tips Merawat Lansia Agar Terasa Menyenangkan Tanpa Beban

Sebab, aturan tersebut sudah pasti akan menjamin keamanan dari kendaraan tersebut. Aturan mengenai jenis bahan bakar ini juga tertera dalam buku panduan. (trj)