Ciri-ciri Hamil Muda yang Jarang Disadari para Wanita

241

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebagai wanita yang baru saja menikah, pasti sulit membedakan gejala hamil muda dengan masuk angin. Padahal, ciri-ciri hamil muda sangat mudah diketahui.

Penting dipahami, trimester pertama kehamilan banyak ditandai oleh transformasi yang tidak terlihat namun menakjubkan. Nah, salah satunya seperti kehilangan periode menstruasi.

Namun, tak cukup menentukan siklus menstruasi saja, ada banyak ciri hamil muda yang harus diketahui para wanita. Dilansir dari berbagai sumber, berikut diantaranya:

1. Payudara Lembut dan Bengkak

Ciri-ciri hamil muda yang pertama yaitu payudara yang lembut dan bengkak. Ciri ini muncul dikarenakan fluktuasi hormon dalam tubuh.

Gejala ini memang sedikit mirip dengan tanda-tanda awal menstruasi. Hanya saja, gejala ini akan menjadi lebih parah bila memang tanda-tanda hamil muda.

2. Sering Buang Air Kecil

Sering buang air kecil, terutama pada malam hari. Hal ini juga bisa menjadi ciri-ciri hamil muda.

Pada awal kehamilan, hal ini umumnya disebabkan oleh perubahan hormon. Serta, diiringi dengan bertambahnya jumlah cairan tubuh saat hamil.

3. Kram Perut

Hal ini terjadi karena pada fase awal hamil muda, sel telur yang telah dibuahi akan menempel pada dinding rahim.

Rasa sakit ini akan dirasakan pada satu minggu awal setelah aktivitas seksual bersama suami.

4. Areola Payudara yang Gelap

Ciri terakhir hamil muda yang tidak sama dengan menstruasi adalah areola payudara gelap. Bagian ini juga akan bertambah diameternya, sekitar beberapa minggu ke depan.

Serta, bisa melihat benjolan kecil mirip areola (kelenjar yang akhirnya akan melumasi puting untuk menyusui). Kedua perubahan ini hanya bisa dihubungkan hingga kehamilan. (trj)