Inilah Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik, Yuk Pahami Sebelum Beli!

253

Pasuruan (WartaBromo.com) – Motor listrik kini mulai dilirik di Indonesia pasca harga BBM naik. Tak sedikit orang yang berburu membeli karena dinilai lebih praktis.

Sayangnya tak semua orang jeli memperhatikan kekurangan dan kelebihan dari motor satu ini. Padahal, dalam membeli kendaraan harus mempertimbangkan banyak hal.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut kelebihan dan kekurangan motor listrik yang bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum membeli:

Kelebihan Motor Listrik

Terdapat banyak keuntungan mengendarai motor listrik, salah satunya menghemat BBM. Namun, ada beberapa kelebihan utama yang juga bernilai plus, diantaranya:

  • Bisa mengurangi emisi. Dilansir dari kompas.com, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Taslim mengatakan, motor listrik bisa mengurangi emisi. Pasalnya, motor listrik menggunakan energi baterai.
  • Biaya baterai murah. Tak cuma mengurangi emisi, kelebihan berikutnya yakni biaya isi baterai yang murah. Yakni sebesar Rp10.000 saja dan dengan harga tersebut pengguna motor listrik bisa memakainya seharian.
  • Suara notor lebih halus. Motor listrik memiliki suara mesin lebih halus, ketimbang motor konvensional. karena motor listrik tidak memiliki proses internal sehingga tidak terjadi kebisingan.
Baca Juga :   Solar Masih Sulit, Nelayan di Kota Pasuruan Wadul Dewan

Kekurangan Motor Listrik

Selain mencari tahu kelebihannya, sebagai konsumen yang cerdas tentu harus mempertimbangkan kekurangan suatu produk. Inilah kekurangan motor listrik yang patut dipahami:

  • Tempat pengisian daya terbatas. Seperti diketahui, untuk mengisi baterai motor listrik ada tempat khusus, yakni Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Green Energy Station (GES). Sayangnya, di Indonesia masih tersedia di 240 titik.
  • Minim spare part. Ketersediaan spare part motor listrik pun masih minim di Indonesia. Jika sudah begini, kendala pada motor listrik tentu akan sedikit merepotkan dan membutuhkan waktu lama.
  • Beban maksimal terbatas. Perlu diketahui, satu unit motor listrik memiliki beban maksimal yang terbatas. Meski memiliki rangka yang kokoh, namun tetap tak boleh menggunakannya pada batas maksimal. (trj)