Jabatan Sekda Kosong, Wabup Probolinggo Tunjuk PLH Selama 7 Hari

239

Kraksaan (WartaBromo.com) – Pejabat definitif Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo kosong per 1 Januari 2023. Wakil Bupati Probolinggo pun menunjuk Ahmad Hasyim Asy’ari sebagai Pelaksana Harian (Plh) selama 7 hari.

Hasyim yang menjabat sebagai Asisten II atau Administrasi Perekonomian dan Pembangunan ditunjuk menggantikan Soeparwiyono yang pensiun per 31 Desember 2022. “Masa tugas Plh tujuh hari kerja dan bisa diperpanjang tujuh hari kerja lagi,” kata Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Syamsul Huda, Senin (2/1/2023).

Serah terima jabatan (sertijab) Sekda tersebut digelar di Ruang Madakaripura lantai 5 kantor Bupati Probolinggo. Dalam acara Senin pagi itu, Wakil Bupati Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko mengikuti acara via zoom dari kediamannya. Sebab kondisinya yang kurang sehat.

Wabup Timbul mengucapkan terima kasih kepada Soeparwiyono atas pengabdian dan dedikasinya kepada kabupaten Probolinggo. Ia menyadari, pengabdian Soeparwiyono selama 40 tahun dan 7 bulan bukanlah waktu yang singkat. “Semangatnya semoga menjadi contoh bagi yang lain,” ucap ia.

Sementara itu, Soeparwiyono berharap ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo terus menjaga kedisiplinannya. Tidak hanya disiplin waktu, tetapi juga disiplin dalam menjalankan tugas.
“Kami juga mohon maaf apabila selama mengabdi ada kesalahan. Karena kami sadari, kami adalah manusia biasa, insan yang tidak sempurna,” kata pria berkumis tebal itu.

Ahmad Hasyim Asyari mengatakan, dengan masa jabatan yang tidak terlalu panjang, dirinya akan melanjutkan program-program yang sudah ditata oleh Soeparwiyono. Memposisikan diri membantu Wakil Bupati Probolinggo. “Ini amanah yang harus saya emban. Saya tidak akan membedakan entah itu Plh atau bukan,” janjinya.

Jabatan PLH Sekda akan dievaluasi selama 7 hari. Evaluasi itu, menjadi rujukan apakah jabatannya diperpanjang atau diganti pejabat lain. Jabatan itu, mengisi kekosongan pejabat sekda definitif sampai rekomendasi Komisi Aparat Sipil Negara (KASN) turun.

Diketahui Pemkab Probolinggo menggelar seleksi terbuka jabatan pejabat tinggi pratama atau sekda pada akhir 2022 lalu. Ada 3 nama yang lolos, yakni Asisten Pemerintahan dan Kesra Heri Sulistyanto, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Ugas Irwanto, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Edy Suryanto.

Namun, hingga saat ini KASN belum merekomendasikan siapa Sekda Kabupaten Probolinggo definitif yang diusulkan oleh Wakil Bupati Probolinggo. Sehingga Wakil Bupati Probolinggo menunjuk pelaksana harian di awal tahun 2023 agar tidak terjadi kekosongan jabatan. (cho/saw)