Revitalisasi Pasar Randupangger Telan Rp2 Miliar

108

Probolinggo (WartaBromo.com) – Revitalisasi Pasar Randupangger, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo senilai Rp2 miliar selesai di ujung tahun 2022. Dengan wajah baru, pasar ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian pedagang.

Data Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan (DKUP) Kota Probolinggo mengungkap jika dana revitalisasi tersebut berasal dari DAK Kementerian Perdagangan sebesar Rp2.864.178.000. Namun, yang terealisasi sebesar Rp 2.146.657.000. Digunakan untuk membangun 52 buah kios,119 meja los, 4 buah kamar mandi, dan 1 gudang. Ditempati oleh 125 pedagang los dan 50 pedagang bedak.

Pasar juga dilengkapi 20 CCTV. Tentu, pemasangan CCTV dimaksudkan untuk memberi rasa aman bagi pedagang dan pembeli, mengantisipasi kemungkinan pencurian barang milik pedagang. Pengadaan CCTV tersebut, berasal dari anggaran DID tahun 2022.

“Alhamdulillah Pasar Randupangger dapat kembali dimanfaatkan dan beroperasi seperti semula. Walaupun banyak kekhawatiran dari pedagang, takut pasar ini tidak selesai pembangunannya. Mudah-mudahan bermanfaat,” kata Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin, Jumat (6/1/2023).

Rencananya, pasar tradisional itu bakal dilengkapi timbangan otomatis agar memudahkan transaksi perdagangan. Namun, sebelum itu terealisasi, Wali Kota Probolinggo meminta pedagang untuk jujur dalam berdagang. Utamanya dalam keakuratan timbangan yang digunakan pedagang.
Untuk itu, Hadi meminta DKUP mengecek semua timbangan. Begitu label kemasan yang digunakan.

“Ketika pasar ini menjadi perdagangan yang jujur, insyaallah akan banyak orang yang belanja di sini, karena dikenal kejujurannya. Yang bisa menjaga nama baik pasar ini tergantung pedagangnya,” tandas ia.

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Randupangger Sugeng Winarso mengakui revitalisasi pasar menjadikan tempat berbelanja menjadi lebih layak, bersih, tertata, dan akan menambah pendapatan pedagang.

“Terima kasih yang setinggi tingginya kepada Wali Kota Probolinggo yang sudah mewujudkan impian kami mendapatkan tempat jualan yang memadai. Semoga pasar ini menjadi pasar yang barokah bagi kita semua,” ucapnya. (saw/ono)