Mitos Pigura Foto yang Jatuh Tiba-Tiba

16996

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pernahkah Bolo mendapati pigura foto di rumah jatuh dengan tiba-tiba? Kejadian ini kerap dikaitkan dengan berbagai mitos, lho.

Bahkan saking populernya kejadian tersebut, sinetron-sinetron hingga film di indonesia memakai adegan tersebut. Banyak yang menduga kejadian-kejadian tersebut dikaitkan dengan makhluk tak kasat mata.

Nah, kalau Bolo penasaran dengan mitos pigura foto jatuh tiba-tiba, simak berikut!

1. Sedang Diganggu Makhluk Halus

Mitos pertama yang berkaitan dengan jatuhnya pigura foto secara tiba-tiba adalah adanya gangguan makhluk halus.

Menurut cerita yang ada, ciri utama adanya makhluk halus adalah saat pigura yang jatuh tidak pecah sama sekali.

2. Tanda Kematian Seseorang

Seperti adegan-adegan dalam film, pigura foto yang jatuh tiba-tiba bisa jadi tanda kematian seseorang. Biasanya, orang yang diberi tanda ini adalah orang terdekat korban.

Meski tak ada bukti ilmiah, namun mitos dari kejadian ini banyak dipercaya masyarakat. Utamanya masyarakat Jawa yang kental akan tradisi dan kepercayaan turun temurun.

3. Hadirnya Roh Ganda

Kejadian roh ganda tersebut ternyata juga berkaitan dengan mitos bingkai foto yang jatuh. Bahkan ada kepercayaan yang saat ini masih dilakukan oleh sebagian masyarakat.

Tak heran jika sebagian ada keluarga yang meninggal maka akan menutupi semua cermin di rumah dengan kain. Hal ini bertujuan agar roh ganda dari manusia yang masih hidup tidak sampai terpantulkan. (trj)