Rumah Kreatif, Cara Pemuda Ngemplakrejo Tepis Stigma Negatif

174

Pasuruan (WartaBromo.com) – Gelisah dengan stigma negatif, Karang Taruna Kelurahan Ngemplakrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan menggagas Rumah Kreatif untuk anak-anak pesisir.

M. Amirul Mukminin (27), selaku wakil Karang Taruna Ngemplakrejo mengatakan, rumah kreatif tersebut merupakan wujud kegelisahan atas beragam anggapan buruk tentang kampungnya. Rumah kreatif sudah berjalan sejak awal tahun 2020 lalu.

“Saat itu, selain memberikan ruang kreatif untuk adek-adek di masa pandemi Covid-19, rumah kreatif juga untuk mematahkan anggapan buruk soal kampung kami. Seperti kampung narkoba dan lain sebagainya,” terang Amirul, Minggu (12/3/2023).

Menurutnya, kegiatan rumah kreatif dilaksanakan setiap hari minggu dengan berbagai tema yang berbeda di setiap minggunya. Seperti hari ini yang mengusung tema “Limbah Kerang”.

“Untuk hari ini kami usung tema limbah kerang. Hal ini guna mengasah kreativitas adik-adik serta menumbuhkan rasa ingin tahu yang tinggi,” lanjutnya.

Di rumah kreatif, Amirul mengajak anak-anak yang masih duduk di bangku SD itu untuk belajar dengan penuh kegembiraan dan semangat. Ia berharap anak-anak tersebut nantinya menjadi generasi yang memiliki kesadaran tinggi terhadap ilmu pengetahuan.

“Selain kreativitas, tema lain yang kami usung adalah bersih lingkungan, tanam pohon, serta mengunjungi perpustakaan untuk menanamkan kegemaran membaca,” sambung Amirul.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 jam tersebut digelar di Pendopo Ngemplakrejo dengan peserta yang mencapai 10 hingga 15 anak. Terlihat mereka sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. (lio/asd)