Ada 4.018 Pemilih Pemula di Kota Pasuruan

59

Pasuruan (WartaBromo.com) – KPU Kota Pasuruan mencatat ada ribuan pemilih baru di Kota Pasuruan. Pemilih tahun 2024 diproyeksikan bakal bertambah.

Ketua KPU Kota Pasuruan, Royce Diana Sari mengungkapkan, KPU menggelar pleno penetapan daftar pemilih sementara (DPS) di aula kantor KPU Kota Pasuruan pada Rabu (5/4/2023) lalu.

Royce menyebut, KPU mencatat ada 4.018 pemilih pemula. Sementara itu, DPS yang ditetapkan KPU jumlahnya 155.234 pemilih.

Jumlah itu merupakan hasil dari pencocokan dan penelitian (coklit) dari data penduduk potensial pemilih (DP4) yang merupakan hasil singkronisasi Kemendagri dengan KPU RI.

“DP4 yang kami terima jumlahnya 155.481 pemilih. Itu kemudian dilakukan pencocokan dan penelitian,” kata Royce, Jumat (07/04/2023).

Baca Juga :   SK Gubernur Turun, Hasjim Sah Berhenti Menjadi Anggota DPRD Kota Pasuruan

Namun begitu, menurut Royce, data DPS tersebut masih berpotensi mengalami perubahan. Beberapa tahapan pemutakhiran data masih harus dilalui sebelum penetapan daftar pemilih tetap (DPT).

Terpisah, Komisioner KPU Kota Pasuruan Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Muhammad Zahid mengungkapkan, sepanjang proses coklit ditemukan 4.265 pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS).

Menurut Zahid, temuan pemilih TMS tersebut sebagian besar karena pergeseran lokasi TPS yang lebih dekat dengan tempat tinggal si pemilih, sehingga pihaknya tidak serta merta mencoret nama mereka dari daftar pemilih.

“Kalau yang dinyatakan TMS dan tidak masuk dalam DPS itu pemilih yang sudah meninggal, pindah domisili ke luar kota, dan warga yang menjadi TNI atau polisi,” ujar Zahid. (tof/yog)