Ini 3 Cara Mengatasi Kecemasan dan Stres pada Anak

80

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sejauh ini tak banyak orang tua yang paham bila anak bisa merasa cemas karena hal tertentu. Bahkan, sangat sedikit orang tua yang perduli cara mengatasi kecemasan dan stres pada anaknya.

Padahal, sebagai orang tua yang perduli terhadap masa depan buah hatinya, penting untuk tahu soal penyebab kecemasan pada anak. Kemudian, segera mencari tahu bagaimana cara mengatasinya agar anak tak terkena gangguan psikologis.

Nah, berikut cara mengatasi kecemasan dan stres anak lansir dari berbagai sumber:

1. Berikan Perhatian dan Dengarkan Keluh Kesah Anak

Ketakutan dan kekhawatiran bukan hanya dialami oleh orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Dalam hal ini orang tua tidak perlu merasa marah atau kecewa jika si Kecil mengalami kecemasan.

Baca Juga :   Orang Tua Harus Tahu! Ternyata, Ini 5 Perasaan yang Dimiliki Anak Broken Home

Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memberikan perhatian. Seorang Ibu hanya perlu mencari tahu penyebabnya dengan mendengarkan ceritanya.

Ketika orangtua memberikan perhatian pada keluhan anak, hal itu akan membuat mereka merasa dihargai.

2. Berikan Dukungan Sosial pada Anak

Dalam hal ini pastikan anak merasa didukung oleh orang tua, keluarga, dan teman-teman. Anak yang merasa didukung cenderung lebih mampu mengatasi kecemasan dan stres.

Berikan kesempatan bagi anak untuk berinteraksi dengan teman sebaya dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial yang positif.

3. Ajak Anak Jalan-Jalan di Alam

Agar dapat mengatasi kecemasan yang dialami oleh si Kecil, Bolo dapat mengajak mereka untuk berlibur ke tempat wisata alam.

Baca Juga :   Ayah dan Bunda, Yuk Hindari 5 Sikap Berikut Demi Masa Depan Cerah Buah Hati

Saat anak merasa cemas, ajak mereka untuk merasakan keindahan alam dan menikmati panca inderanya, seperti memetik buah atau bunga, menghirup udara segar, atau berlari di atas rumput tanpa alas kaki.

Pemandangan alam yang menenangkan dapat membuat si Kecil merasa bahagia dan membantu menghilangkan kelelahan pikiran.

4. Batasi Paparan Media

Perlu diketahui Bolo bahwa seorang anak terlalu banyak paparan terhadap media yang negatif dan berita yang menakutkan dapat meningkatkan kecemasan anak.

Batasi waktu yang dihabiskan anak untuk menonton televisi, menggunakan gadget, atau mengakses internet. Alihkan perhatian mereka pada kegiatan yang lebih positif dan bermanfaat. (tra/trj)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.