Aliansi Warga Utara Minta Pemkot Pasuruan Lanjutkan JLU

2049
Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf saat menerima perwakilan AWUR yang mendukung kelanjutan proyek JLU. Foto: Amal Taufik.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf memastikan untuk tetap melanjutkan rencana pembangunan Jalur Lingkar Utara (JLU).

Hal itu disampaikan Gus Ipul, sapaannya saat menemui sejumlah LSM yang tergabung dalam Aliansi Warga Utara (AWUR) di kantor Pemkot Pasuruan, Kamis (03/08/2023) pagi.

Sebelumnya, massa AWUR menggelar aksi di depan kantor pemkot. Dalam aksinya, mereka mengatakan dukungannya terkait rencana pembangunan JLU.

Usai berorasi di depan kantor Pemkot, sejumlah perwakilan massa masuk ke dalam ruang rapat Untung Suropati. Mereka ditemui Wali Kota dan Sekda.

Salah satu anggota AWUR, Ali menyebut, proyek JLU yang telah diinisiasi sejak 2009 ini dinilai sangat penting untuk dilanjutkan, karena diproyeksikan bakal memberikan dampak positif terhadap warga pesisir.

“Di sana itu kan RTRW-nya sudah dijadikan kawasan industri. Mungkin nanti bukan kita yang menikmati, tetapi anak cucu kita,” kata Ali.

Sementara itu, Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengapresiasi aspirasi yang disampaikan Aliansi Warga Utara. Menurut dia, ini merupakan bentuk dukungan terhadap pemkot untuk melanjutkan pembangunan JLU.

Gus Ipul mengatakan, proyek pembangunan JLU sudah masuk di dalam RPJMD Kota Pasuruan, sehingga bisa dipastikan proyek ini bakal dilanjutkan.

“Prosesnya saat ini mungkin sudah 30 persen. Doakan saja,” kata Gus Ipul.

Untuk diketahui, saat ini pemkot masih merampungkan kajian AMDAL untuk pembangunan JLU. Setelah itu pemkot harus menyusuri dokumen perencanaan pengadaan tanah (DPPT).

Pembangunan JLU ini diestimasikan membutuhkan biaya hingga Rp1 triliun. Untuk pembiayaannya, pemkot bakal mengajukan proposal bantuan keuangan ke pemerintah pusat. (tof/asd)