Salah Satu Danau Terindah di Probolinggo Ini Ternyata Menyerupai Waru!

250

Pasuruan (WartaBromo.com) – Probolinggo adalah kota di Jawa Timur yang terkenal dengan keindahan alamnya. Salah satu tempat wisata yang paling populer di Probolinggo adalah danau.

Ada banyak danau di Probolinggo, tetapi ada beberapa danau terindah di Probolinggo yang terkenal. Danau-danau ini bahkan sangat sering dikunjungi wisatawan mancanegara.

Selain viewnya yang indah, harga tiket masuk ke danau-danau ini pun terbilang murah. Lantas, danau mana sajakah itu? Berikut dilansir dari berbagai sumber:

1. Danau Ranu Agung

Danau Ranu Agung atau yang juga dikenal sebagai Danau Tebing terletak di Krajan, Ranuagung, Kec. Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Danau ini adalah salah satu danau yang terbentuk dari aktivitas vulkanik yang dulunya berasal dari bekas kawah yang telah tidak aktif dan kemudian tergenang air hingga menjadi danau.

Baca Juga :   Krisis Air di Musim Hujan

Salah satu keunikan dari Danau Ranu Agung adalah adanya dinding bebatuan yang panjangnya mencapai sekitar 70 meter yang membentang di sepanjang danau, menyerupai bentuk pohon beringin.

Hal lain yang menarik adalah untuk mencapai dinding bebatuan ini, Bolo dapat menyewa perahu yang terbuat dari bambu yang disusun rapi, yang disebut “gethek”. Pengalaman ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang ingin mengeksplorasi keindahan Danau Ranu Agung.

Selain itu, panorama alam Danau Ranu Agung di Probolinggo masih sangat alami dan belum banyak tersentuh manusia. Sementara udara di sekitar danau sangat sejuk dan airnya sangat jernih.

Keunikan lain dari Danau Ranu Agung adalah bentuknya saat dilihat dari ketinggian menyerupai daun pohon waru atau bisa diartikan sebagai simbol cinta.

Baca Juga :   Pabrik Ilegal MS Glow Grup Diberi Teguran Kedua hingga Pemudi Ditabrak Truk | Koran Online 23 Sep

2. Danau Ronggojalu

Danau Ronggo Jalu adalah destinasi wisata air yang terletak di Arisan, Banjarsawah, Kec. Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Selain menjadi objek wisata, danau terindah di Probolinggo ini memiliki air yang bersih dan bening, yang mana juga dimanfaatkan oleh penduduk sekitar sebagai sumber air irigasi dan pasokan air bersih untuk warga Kota dan Kabupaten.

Sementara itu, keindahan Danau Ronggo Jalu terpancar dari suasana alam yang segar dan hijau, serta udara yang bersih. Semua ini menjadikan Danau Ronggojalu sebagai tempat yang populer untuk liburan bersama keluarga.

3. Danau Taman Hidup

Danau Taman Hidup berada di Desa Bermi, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo. Danau ini terletak di lereng Gunung Argopuro, dengan ketinggian sekitar 1.975 meter di atas permukaan laut.

Baca Juga :   Gunakan Innova, KPK Bawa Koper dari Rumah Anak Hasan Aminuddin

Pasalnya, untuk mencapai Danau Taman Hidup memerlukan perjalanan mendaki gunung yang tidak mudah, tetapi begitu tiba di sana, Bolo akan disuguhi dengan pemandangan yang luar biasa indah.

Tidak hanya itu, melihat matahari terbit di danau terindah di Probolinggo ini akan membuat setiap orang yang menyaksikannya terpukau oleh keindahan alam Indonesia yang luar biasa. (tra/trj)