Jalur Wisata Bromo via Pasuruan Kembali Dibuka

151

Tosari (WartaBromo.com) – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) kembali membuka jalur wisata Gunung Bromo via Kabupaten Pasuruan.

Kabag Tata Usaha Balai Besar TNBTS, Septi Eka Wardhani mengatakan, kebakaran hutan yang beberapa waktu lalu terjadi di view point Gunung Penanjakan telah berhasil dipadamkan.

“Kunjungan wisata melalui pintu Wonokitri, Kecamatan Tosari, dibuka untuk pengunjung,” kata Septi.

Pengunjung juga sudah bisa berwisata ke view point Gunung Penanjakan dan beberapa titik wisata lainnya yang sebelumnya sempat ditutup karena kebakaran.

Meski demikian, kondisi musim kemarau yang diprediksi masih akan berlangsung sampai bulan Oktober 2023, masih dapat berpotensi menimbulkan terjadinya kebakaran hutan di dalam kawasan TNBTS.

Baca Juga :   Tak Ada Hujan, Wilayah Kabupaten dan Kota Pasuruan ini Kebanjiran

Septi mengimbau kepada masyarakat, pengunjung, dan pelaku jasa wisata untuk tetap menjaga kawasan TNBTS dari kebakaran hutan dengan memerhatikan penggunaan api demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bersama.

“Serta melaporkan kepada petugas jika menemukan titik api di dalam kawasan TNBTS,” ujar Septi.

Sebelumnya, akses pintu masuk ke Gunung Bromo via Pasuruan sempat ditutup imbas kebakaran hutan dan lahan di area Penanjakan. Selain faktor keamanan, penutupan dilakukan demi kelancaran upaya pemadaman. (tof/asd)