Ini 3 Rekomendasi Kuliner Khas Jawa Timur, Murah-murah!

137

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bagi yang berkunjung ke Jawa Timur tentu jangan bingung bila ingin mencari berbagai kuliner. Pasalnya, ada banyak rekomendasi kuliner khas Jawa Timur yang wajib dicoba.

Di sini, Bolo akan menemukan berbagai kuliner khas Jawa Timur yang bisa membuat Bolo ketagihan. Harga dari ragam kuliner ini pun terbilang terjangkau sehingga bisa pula dijadikan oleh-oleh atau bahkan dijual lagi.

Apa saja? Berikut dilansir dari berbagai sumber:

1. Gethuk Pisang

Salah satu hidangan khas dari daerah Jawa Timur, adalah Gethuk Pisang. Ini adalah variasi unik dari hidangan gethuk yang biasanya dibuat dari singkong, ubi, atau sukun. Gethuk Pisang memiliki bahan dasar utama berupa pisang.

Baca Juga :   Laris Manis! Ini 4 Bakso Terenak di Lumajang yang Bikin Nagih

Keistimewaan Gethuk Pisang terletak pada penggunaan pisang raja nangka, yang memiliki rasa manis dan asam yang unik, berbeda dari pisang biasa.

Hidangan ini biasanya disajikan dalam bentuk yang mirip dengan lontong atau pepes, menggunakan daun pisang dan lidi pada kedua ujungnya. Adonan Gethuk Pisang dikukus selama sekitar tiga puluh menit hingga teksturnya mengeras.

Untuk menambah kelezatan saat menikmati Gethuk Pisang, beberapa orang sering menambahkan parutan kelapa di atasnya, agar terlihat cantik dan meningkatkan cita rasa kaya yang ada dalam hidangan ini.

2. Rawon

Salah satu kuliner khas yang tak boleh dilewatkan dari Provinsi Jawa Timur adalah Rawon. Yang membuat Rawon begitu istimewa adalah warna kuahnya yang gelap, hampir hitam pekat, yang diperoleh dari bumbu kluwek.

Baca Juga :   Lagi Hits! Ini Kuliner Kekinian Khas Lumajang, Cocok Untuk Anak Muda!

Rawon ini umumnya terbuat dari daging sapi yang dipotong dadu dan direbus dalam kuah bumbu kluwek yang khas. Hidangan Rawon sering disajikan dengan tauge, irisan jeruk nipis yang segar, dan sambal untuk memberikan rasa yang lebih kaya dan dimensi pada hidangan ini.

Jika Bolo berkunjung ke Jawa Timur, mencicipi hidangan tradisional seperti Rawon adalah pengalaman yang tak terlupakan dalam menjelajahi kekayaan kuliner Indonesia.

3. Lontong Kupang

Kupang adalah jenis kerang laut kecil yang sering ditemukan di pesisir pantai. Di daerah Jawa Timur, hewan ini diolah menjadi hidangan lezat yang dikenal sebagai lontong kupang.

Dalam satu hidangan lontong kupang, Bolo akan menikmati lontong (nasi ketan yang dibungkus dalam daun pisang), lento singkong, serta sate kerang kupang yang disajikan dengan bumbu petis. Semua ini dilengkapi dengan kuah yang melengkapi cita rasa unik makanan khas Jawa Timur ini.

Baca Juga :   Serbu! Ini 3 Warung Ketan Koya Terenak di Pasuruan, Koyanya Full!

Mencicipi lontong kupang adalah cara yang sempurna untuk merasakan kelezatan kuliner Jawa Timur yang kaya rasa dan tradisi. (tra/jun)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.