Terdampak Kebakaran Arjuno, Warga Perbaiki Pipa Rusak

145
Warga memperbaiki jaringan pipa yang rusak.

Prigen (WartaBromo.com) – Kebakaran kawasan Gunung Arjuno beberapa waktu mengakibatkan jaringan pipa air bersih di lereng gunung rusak. Warga berharap ada bantuan dari pemerintah untuk perbaikan pipa tersebut.

Salah satu yang terdampak rusaknya jaringan pipa air bersih tersebut adalah Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen.

Kepala Desa Jatiarjo, MH Dardiri mengatakan, ada enam mata air yang menyuplai air ke Desa Jatiarjo. Dua pipa yang ukurannya lumayan besar rusak terbakar.

“Panjang jaringan pipa dari mata air ke desa mencapai 10 kilometer,” ujar Dardiri, Rabu (04/10/2023).

Rusaknya pipa ini mengakibatkan debit air, menurut Dardiri, berkurang hingga 50 persen. Warga pun akhirnya terpaksa antre untuk mengambil air.

Dardiri menyebut, pihaknya bersama warga desa memutuskan untuk memperbaiki pipa secara swadaya. Pipa-pipa yang rusak diperbaiki dan disambung sementara. Ia berharap ada bantuan dari pemerintah untuk perbaikan pipa rusak tersebut.

“Sudah 300 meter yang diperbaiki. Sambung-sambung sementara. Katanya ada bantuan dari pemerintah, tapi belum tahu kapan. Harapannya bantuan cepat,” kata Dardiri.

Seperti diketahui, kebakaran hutan dan lahan di kawasan Gunung Arjuno turut berdampak pada rusaknya jaringan pipa air bersih di beberapa titik.

Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Sugeng Hariyadi mengungkapkan, di wilayah Pasuruan, ada sejumlah jaringan pipa yang mengalirkan air bersih ke pemukiman warga rusak akibat kebakaran.

“Sejumlah jaringan pipa air yang rusak berada di wilayah Desa Jatiarjo dan Dayurejo, Kecamatan Prigen. Lalu Desa Tambaksari, Kecamatan Purwodadi,” ujar Sugeng. (tof/asd)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.