1 Bulan Pasca Terbakar Hebat, Savana Gunung Bromo Kini Mulai Menghijau

211

Probolinggo (WartaBromo.com) – Kawasan wisata Gunung Bromo, sudah dibuka kembali sejak 18 September 2023. Savana yang sebelumnya menghitam akibat kebakaran lahan dan hutan (karhutla) kini mulai menghijau.

Pada umumnya, area hutan yang terbakar butuh waktu lama untuk hijau kembali. Namun beberapa bagian di savana Gunung Bromo ternyata sudah mulai menghijau lagi.

Pengurus paguyuban jeep wilayah Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Adi Cakra, menuturkan, saat ini Bromo berangsur pulih. Savana Bromo kini mulai menghijau.

“Iya, untuk savana bromo sudah mulai menghijau. Tapi untuk aktivitas jeep sepi,” ungkap Cakra, Selasa (17/10/2023).

Sebagai informasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) mencatat karhutla yang terjadi akibat penggunaan flare di sesi foto prewedding itu menghanguskan seluas 989 hektare areal Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Baca Juga :   Ini Daftar Oleh-oleh Wajib Kalau Ke Pasuruan

Sementara itu, atas beberapa pertimbangan, kasus karhutla yang terjadi di kawasan TNBTS kini telah ditangani oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jawa Timur pada Jumat (22/9/2023) lalu.

Sejauh ini, Polisi telah mengirim berkas kasus tersebut ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur. Berkas itu adalah milik, tersangka Andrie Wibowo Eka Wardhana (41), seorang manajer atau penanggung jawab wedding organizer asal Lumajang. (lio/may)