Sakit Perut Bagian Bawah? Coba Konsumsi 4 Herbal Ini!

89

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebagian orang pasti pernah mengalami sakit perut bagian bawah. Ternyata cara meredakan sakit perut bagian bawah bisa dengan ramuan herbal.

Sakit perut bagian bawah dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti menstruasi, infeksi saluran kemih, gangguan pencernaan, dan lain sebagainya.

Dilansir dari halodoc.com, ada beberapa makanan herbal yang bisa dikonsumsi untuk meredakan sakit perut bagian bawah. Apa saja?

Yuk, simak!

1. Kunyit

Kunyit, atau yang dikenal sebagai Curcuma longa, adalah rempah-rempah yang populer dalam masakan Asia, terutama India. Namun, selain digunakan sebagai bumbu masakan, kunyit juga memiliki sifat-sifat antiinflamasi yang kuat.

Zat aktif dalam kunyit disebut kurkumin, yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meredakan berbagai masalah pencernaan, termasuk sakit perut bagian bawah.

Baca Juga :   Apakah Masakan Bersantan Bisa Dipanaskan Lagi? Ini Penjelasan Pakar Nutrisi

2. Jahe

Jahe adalah rempah-rempah lain yang memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu meredakan sakit perut bagian bawah. Jahe mengandung senyawa bernama gingerol yang memiliki sifat antiperadangan yang kuat.

Selain itu, jahe juga membantu merangsang pencernaan dan mengurangi gejala seperti mual, muntah, dan kembung.

3. Jintan Hitam

Jintan hitam, juga dikenal sebagai Nigella sativa atau black seed, telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad.

Rempah-rempah ini memiliki sifat antiinflamasi dan antispasmodik yang dapat membantu meredakan sakit perut bagian bawah. Jintan hitam dapat membantu mengurangi kram perut, kembung, dan mual.

Bolo dapat mengonsumsi jintan hitam dengan menambahkannya ke dalam makanan atau minuman, atau mengambilnya dalam bentuk minyak jintan hitam.

Baca Juga :   Tips Mengurangi Rasa Nyeri Pasca Operasi Caesar

4. Cinnamon

Cinnamon, atau kayu manis, adalah rempah-rempah yang sering digunakan untuk memberikan rasa manis pada hidangan. Namun, kayu manis juga memiliki sifat antiperadangan dan antispasmodik yang dapat membantu meredakan sakit perut.

Kayu manis dapat membantu mengurangi peradangan dalam saluran pencernaan dan mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh gangguan pencernaan.

Bolo dapat menambahkan kayu manis ke dalam makanan, minuman, atau membuat teh kayu manis untuk meredakan sakit perut bagian bawah.

Itulah 4 herbal yang bisa dikonsumsi untuk meredakan sakit perut bagian bawah. Namun bila merasakan sakit perut berkepanjangan silakan cek ke dokter. (jun)