Dongkrak Kemampuan UMKM di Tengah Digitalisasi, Gus Ipul Sampaikan Pesan Penting

60

Pasuruan (WartaBromo.com) – Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf resmi membuka serasehan UMKM pada Kamis (30/11/23) malam. Dalam acara ini Gus Ipul menyampaikan pesan penting kepada para pelaku UMKM.

Adalah agar para pelaku UMKM senantiasa berinovasi di era digitalisasi. Tentu agar produk yang dipasarkan bisa menembus hingga ranah internasional dengan mudah.

“UMKM harus terus berinovasi, berinovasi produk, marketing, melakukan riset-riset dalam pengembangan produk dan penjualan sehingga kemauan pasar dapat dipahami. Karena diera digitalisasi dan adanya teknologi Artificial Intelligence (AI) membuat banyak hal berubah,” tutur Gus Ipul, sapaan akrabnya.

Tak hanya itu, ia juga meminta para perangkat daerah yang menjadi pengampu pembina UMKM dan IKM dapat menyediakan anggaran untuk riset.

Pasalnya, agar para pelaku UMKM bersaing dengan daerah-daerah lain yang dapat menjual barangnya dengan harga jauh lebih terjangkau. Serta, bisa lebih mengetahui kebutuhan pasar.

“Karena pelatihan-pelatihan sudah banyak dilakukan, fasilitasi kemudahan akses modal juga sudah dilakukan, pendampingan untuk melakukan penjualan juga sudah dilakukan maka yang belum dilakukan adalah riset,” lanjutnya.

Kemudian, Gus Ipul melanjutkan, riset yang dimaksud seperti riset management, riset kebutuhan pasar, riset produk sekaligus riset perusahaan-perusahaan yang mampu menjual barangnya dengan murah.

“Jadi, saya ingin Bapak-Ibu tidak berputus asa untuk terus berinovasi. Mengembangkan produknya agar tetap cuan kalau ketua Dekranasda,” pungkasnya. (jun/asd)