Gus Ipul: Jangan Pilih Paslon yang Didukung Abu Bakar Baasyir

173

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sekretaris Jenderal PBNU, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), meminta agar seluruh warga NU menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024. Ia menekankan warga NU jangan memilih pasangan calon yang didukung Abu Bakar Baasyir.

Hal ini diungkapkan Gus Ipul saat ditemui di rumah dinas Wali Kota Pasuruan, pada Rabu (17/01/2024).

Gus Ipul mengungkapkan, dalam memilih nanti, warga NU harus melihat dan mempertimbangkan rekam jejak tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden yang ada.

Selain itu, pertimbangan lainnya adalah siapa saja para pendukung pasangan calon tersebut. Warga NU, kata Gus Ipul, harus bisa memilih dan memilah siapa pasangan calon yang tepat untuk dipilih.

“Melihat rekaman Ustaz Abu Bakar Baasyir tentang memilih presiden, menurut saya berbeda dengan cara kita warga NU untuk memilih pemimpin,” ujar Gus Ipul.

Gus Ipul menyebut, sudut pandang warga NU dalam memilih presiden sangat berbeda dengan pernyataan Abu Bakar Baasyir.

“Kita melihatnya beda. Ini tentu harus disadari warga NU. Saya mengimbau warga NU agar tidak memilih calon yang didukung oleh Ustaz Abu Bakar Baasyir. Itu satu bahan pertimbangan warga NU,” imbuh Gus Ipul.

Dilansir dari detik.com, rekaman suara Abu Bakar Baasyir yang menyatakan dukungan terhadap pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar beredar di media sosial TikTok.

Hal tersebut dibenarkan oleh anak Abu Bakar Baasyir, Abdul Rohim. Ia membenarkan bahwa rekaman tersebut memang merupakan suara Abu Bakar Baasyir sepekan lalu. Abu Bakar Baasyir bicara pilpres karena saat itu ada jemaah yang bertanya. (tof/asd)