Dikawal Ketat, Logistik Pulau Terluar Probolinggo Dikirim

185

Probolinggo (WartaBromo.com) – Logistik untuk pemilu mulai dikirimkan ke Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Senin (12/2/2024). Pengiriman ke pulau terluar Kabupaten Probolinggo itu, dikawal ketat TNI Polri.

Ada 115 kotak suara untuk 23 TPS yang dikirim. Termasuk logistik pelengkap lainnya. Seperti ATK, bilik suara dan sebagainya.

Proses pemberangkatan sempat tertunda, dari Pelabuhan Tanjung Tembaga Lama. Lantaran ada dua kotak suara yang tertukar.

Ketua KPU Kabupaten Probolinggo, Lukman Hakim mengatakan, jumlah DPT di pulau itu mencapai sekitar 6 ribu. Sementara total penduduknya sekitar 10 ribu jiwa.

“Pada pemilu sebelumnya tingkat partisipasi mencapai sekitar 83 persen, sudah jauh dari taget nasional sebetulnya, yakni 77 persen,” katanya.

Baca Juga :   Polisi Buru Penelantar Wanita Muda di Hutan Krucil

Pemilu kali ini, tingkat partisipasi didorong untuk mencapai 87 persen.

Proses pengiriman, dikawal ketat TNI Polri. Ada sekitar 5 personel dari Polres Probolinggo Kota dan satu perwira pengendali. Serta babinsa dari Kodim 0820 Probolinggo.

“Pengawalan melekat, mulai dari distribusi, saat pelaksanaan, penghitungan dan kembali lagi ke gudang KPU usai pemilu 14 Februari nanti,” terang Padal PAM Gili Ketapang, Iptu Hartawan.

Pengiriman logistik ini dilakukan menggunakan dua unit kapal penyeberangan. Dikawal satu kapal cepat milik Satpolair Polres Probolinggo. (lai/saw)