Ikut Sejahterakan Nelayan, BPJS Ketenagakerjaan Lindungi 1.500 Nelayan di Wilayah Kabupaten Pasuruan

45
Pj Bupati Pasuruan Andriyanto bersama Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Trioki Susanto menyerahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis kepada para nelayan.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebagai wujud kepedulian serta meningkatkan kesejahteraaan para nelayan, khususnya wilayah Kabupaten Pasuruan, Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan bersama BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pasuruan memberikan bantuan perlindungan bagi 1.500 nelayan.

Pemberian bantuan itu bertempat di Auditorium Mpu Sindok Komplek Graha Maslahat Kabupaten Pasuruan, Senin (26/2/2024).

Secara simbolis, bantuan diserahterimakan oleh Pj Bupati Pasuruan Andriyanto didampingi oleh Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pasuruan, Trioki Susanto kepada perwakilan nelayan yang terbesar di wilayah pesisir Kabupaten Pasuruan.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto menyampaikan dengan diberikan bantuan perlindungan jaminan sosial tersebut diharapkan dapat memberikan perlindungan bagi nelayan kecil. Sifatnya sebagai pertanggungan jaminan jika semisal terjadi kecelakaan kerja.

Baca Juga :   BPJS Ketenagakerjaan dan PT Pos Indonesia Kerjasama Beri Perlindungan pada Pekerja

Kegiatan ini juga sebagai upaya Pemerintah daerah untuk ikut mensejahterakan masyarakat Kabupaten Pasuruan dan sekitarnya.

“Kami berkomitmen untuk terus mendukung penuh implementasi program Jaminan Sosial yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Andriyanto.

“Kalau saya tidak salah per satu orang nelayan Rp 16.800 per bulan. Berarti kalau setahun apabila 1.500 nelayan, maka sudah Rp 300 juta yang kami bayarkan. Kalau di tahun berikutnya, ditanggung oleh nelayan itu sendiri,” papar Andriyanto dalam sambutannya.

Langkah ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Kabupaten Pasuruan untuk meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan bagi para nelayan lokal. “Dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, diharapkan para nelayan akan mendapatkan perlindungan yang lebih baik terhadap risiko-risiko selama melaut,” tambah Andriyanto.

Baca Juga :   Daftar dan Bayar Iuran BPJS Ketenagakerjaan Bisa Melalui Aplikasi AYO Toko by SRC

Dengan adanya program ini, Andriyanto berharap dapat meningkatkan taraf hidup para nelayan dan keluarga mereka, serta memberikan rasa aman dan perlindungan yang lebih baik dalam menjalani profesi.

Senada dengan itu, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Pasuruan Trioki Susanto menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan perlindungan bagi 1.500 Nelayan di Wilayah Kabupaten Pasuruan. Ini merupakan bentuk peran serta pemerintah daerah dalam ikut mensejahterakan warganya.

“Kegiatan ini selain untuk melindungi seluruh nelayan, juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan bagi seluruh pekerja maupun pemberi kerja untuk dapat terlindungi serta meningkatkan awardness maupun citra positif pemerintah daerah karena masyarakat merasakan kehadiran negara bagi pekerja Indonesia,” ungkap Trioki.

Baca Juga :   Marbot Masjid Dapat Kartu Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan

“Harapannya seluruh pekerja, baik formal maupun informal di Kabupaten Pasuruan , mereka dapat memahami manfaat program BPJS Ketenagakerjaan. Yang lebih penting lagi adalah kami pastikan bahwa seluruh pekerja nantinya akan memiliki perlindungan diri resiko kecelakaan kerja. Dengan mengikuti program ini tentunya pekerja dapat lebih produktif, karena dirinya merasa tenang dalam bekerja,” pungkasnya. (day/**)