Info Lur! Besok Ada Tradisi Praonan dan Skilot di Pasuruan

345
Info Lur! Besok Ada Tradisi Praonan dan Skilot di Pasuruan

Pasuruan (WartaBromo.com) – Besok, masyarakat di Pasuruan akan merayakan Lebaran Kupatan dengan penuh semangat dan tradisi khas daerah. Acara ini akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan termasuk Tradisi Praonan dan Skilot.

Tradisi praonan adalah salah satu tradisi masyarakat di pesisir pantai Pasuruan. Nantinya, beberapa tempat di pesisir pantai itu akan dimanfaatkan oleh pengunjung yang kebanyakan satu keluarga untuk pergi ke laut menggunakan perahu nelayan.

Diketahui, mulai dari warga di wilayah Kecamatan Kraton, Kecamatan Panggungrejo hingga Kecamatan Lekok akan meramaikan tradisi tersebut di h+7 lebaran kali ini.

Noval Adi, salah satu warga Mandaran, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan mengatakan, seluruh warga sudah menyiapkan tradisi tersebut sejak jauh-jauh hari. Seperti halnya nelayan memilih libur di saat tradisi tersebut.

Baca Juga :   Mas Adi: Saring Informasi dengan Benar, Pemuda Pelopor Persatuan dan Kesatuan!

“Kalau nelayan pasti libur, biasanya perahu-perahu disewakan untuk para pengunjung menikmati tradisi praonan di laut,” katanya, Selasa (16/4/2024).

Bukan hanya praonan, tradisi Skilot juga akan menemani lebaran kupatan kali ini. Berada di wilayah Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan, tradisi itu biasanya banyak dihadiri oleh pengunjung dari beberapa daerah di Pasuruan.

Skilot merupakan tradisi bermain ski di atas lumpur dengan menggunakan papan kayu, saat perayaan Lebaran Ketupat (kupatan) di Pantai Lekok, Pasuruan. Semuanya peserta akan berlomba untuk menjadi yang terdepan.

“Besok acaranya, memang tradisi tahunan yang ditunggu-tunggu,” kata Jaki, salah satu warga Lekok. (don/may)