Dapur Umum Lumajang Suplai Ribuan Nasi Bungkus

35

Lumajang (WartaBromo.com) – Korban banjir dan longsor dipasok nasi bungkus melalui dapur umum siaga bencana yang didirikan Pusdalops Tagana Lumajang

Posko dapur umum siaga bencana ini berlokasi di halaman kantor Dinas Sosial Perlindungan Pemberdayaan Perempuan dan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Lumajang.

Sekitar 6.000 nasi bungkus disiapkan setiap hari untuk korban banjir dan longsor di sembilan kecamatan yang terkena dampak bencana.

Sekretaris Daerah (Sekda) Lumajang, Agus Triyono, mengungkapkan bahwa dapur umum ini mampu menyajikan 2.000 nasi bungkus dalam setiap proses masaknya.

Menu yang disediakan pun beragam dan memperhatikan nilai gizi bagi setiap porsinya. Dibagikan sebanyak 3 kali dalam sehari.

Dapur umum ini akan disiapkan selama satu pekan untuk memenuhi kebutuhan makanan para korban banjir serta relawan yang membantu proses evakuasi dan pembersihan.

Baca Juga :   Identitas Mayat di Sungai Sukorejo Terungkap hingga Uji KIR di Kota Pasuruan Tak Ditarik Biaya | Koran Online 30 Des

“Diperkirakan dapur umum ini akan kami dirikan hingga 5 hari ke depan,” ujar Agus, Sabtu (20/4/2024).

Pemerintah setempat menegaskan bahwa jika dalam waktu satu pekan proses penanganan korban bencana belum selesai, mereka akan memperpanjang masa operasi dapur umum tersebut.

Saat ini, fokus utama pemerintah adalah pada penanganan dan pemenuhan kebutuhan pokok para korban banjir dan longsor. (lai/saw)