Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Wawali Ajak Bangkit Menuju Indonesia Emas

67

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemkot menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Dalam peringatan ini, para ASN diajak bangkit menuju Indonesia emas 2045.

Upacara Hari Kebangkitan Nasional ini digelar di lapangan BKD Kota Pasuruan pada Senin (20/05/2024).

Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo menekankan pentingnya merefleksi sejarah lahirnya organisasi Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908, yang menjadi simbol dari Hari Kebangitan Nasional dan semangat Kartini yang melalui tulisannya menggagas kemerdekaan, kesetaraan, dan kemajuan.

“Apa yang digagas Boedi Oetomo, Kartini dan para embrio bangsa, kemudian dirumuskan Bung Karno sebagai “jembatan emas” yang akan membawa bangsa Indonesia menikmati kehidupan sejahtera lahir dan batin di atas tanah sendiri,” kata Adi

Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, Adi menyampaikan bahwa saat ini kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa.

“Kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru dan Inovasi-inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner,” sebut Adi.

Mas Adi menyebutkan kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita hari ini. Wawali mengajak untuk bangkit menuju Indonesia Emas, menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan sebab kemajuan telah terpampang di depan mata.

“Tidak mungkin lagi bagi kita untuk berjalan lamban, karena kita berkejaran dengan waktu. Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju Indonesia Emas 2045,” pungkasnya

Upacara Harkitnas ini diikuti oleh pasukan bersenjata dari Kodim 0819 Pasuruan, Yonzipur 10 Pasuruan, PUSLATSUS Marinir Grati, Polres Pasuruan Kota, Gabungan KORPRI, Gabungan PGRI, serta Gabungan Pelajar.

Setelah upacara Hari Kebangkitan didepan Halaman Kantor BKD usai, Wakil Wali Kota Pasuruan Mas Adi beserta Seketaris Daerah Kota Pasuruan, Kapolres Kota Pasuruan, Dandim 0819 dan diikuti Kepala Perangkat Daerah melakukan tabur bunga di Tempat Pemakaman Pahlawan Kota Pasuruan. (tof/**)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.