Pemkot Probolinggo Perluas Penerima Manfaat Kurban untuk Anak Stunting

145

Probolinggo (WartaBromo.com) – Pemerintah Kota Probolinggo memberikan perhatian lebih kepada anak-anak stunting dalam pendistribusian daging kurban tahun ini. Pada perayaan Idul Adha, Senin (17/6/2024), sebanyak 13 sapi dan 34 kambing disembelih untuk dibagikan kepada masyarakat.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Pemkot Probolinggo secara khusus mengalokasikan daging kurban bagi anak-anak yang mengalami stunting.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya pencegahan dan penanggulangan masalah stunting, yang masih menjadi perhatian serius di kota ini.

Nurkholis, Pj Wali Kota Probolinggo, menyatakan bahwa tahun ini Dinas Kesehatan turut berperan aktif dengan menyumbang sapi yang dagingnya didistribusikan khusus untuk anak-anak stunting.

“Ini adalah salah satu tugas utama kami. Dinas Kesehatan berpartisipasi dengan menyediakan sapi untuk program ini,” ujarnya pada Senin (17/6/2024).

Baca Juga :   Ini Nama Korban Kebakaran Pabrik Furnitur

Dalam proses pendistribusian, 13 sapi terdiri dari 6 ekor yang disediakan oleh Pemkot dan 7 ekor dari Nurkholis pribadi. Selain itu, 34 kambing sepenuhnya berasal dari sumbangan Pemkot.

Setelah salat Idul Adha, Nurkholis secara simbolis menyerahkan hewan kurban ke beberapa tempat seperti Pondok Pesantren Riyadussolihin, yayasan yatim piatu, dan sejumlah lokasi lainnya termasuk Masjid Kodim 0820.

Selain fokus pada pendistribusian daging kurban, Nurkholis juga mengimbau masyarakat untuk mengurangi penggunaan kantong plastik guna mengatasi masalah sampah.

“Kami sudah mengeluarkan edaran untuk tidak menggunakan kantong plastik. Namun, jika sudah terlanjur menggunakan, kami berharap masyarakat tidak membuangnya sembarangan,” tambahnya.

Dengan langkah-langkah ini, Pemkot Probolinggo berupaya memberikan manfaat lebih luas dari kegiatan kurban. Sekaligus mendukung program kesehatan masyarakat, khususnya bagi anak-anak yang memerlukan perhatian lebih dalam masalah stunting. (saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.