Kapasitas PLTGU Grati Capai 1.360 MW Setelah 3 Tahun Bangun Blok Tambahan

3009

Grati (wartabromo.com) – Kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Grati bertambah. Peningkatan kapasitas ini capai 1.360 Mega Watt (MW) dari sebelumnya 760 MW.

Hal ini disampaikan Ignasius Jonan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) saat meresmikan PLTGU Grati Blok III 450 MW, Jumat (26/7/2019).

Pembangunan Blok III dan tambahan Blok II yang dibangun sejak Juni 2016 silam kini telah rampung. Hasilnya, ada tambahan kapasitas sebesar 450 MW pada blok III dan 150 MW pada blok II. Sementara kapasitas PLTGU Grati sebelumnya yakni sebesar 760 MW. Hingga kapasitas produksi listrik di PLTGU Grati menjadi sebesar 1.360 (MW).

Untuk catatan, kapasitas 760 MW sebelumnya berasal dari Blok Pembangkit I (460 MW) dan Blok II (300 MW).

Baca Juga :   7 Golongan Pelanggan Ini Bisa Nikmati Penurunan Tarif Listrik

Baca: PLTGU Grati Bakal Jadi Salah Satu Penunjang Daya Listrik Industri

Dengan adanya penambahan kapasitas ini, cita-cita peningkatan pasokan listrik di Jawa Timur dapat terpenuhi. Jonan mengatakan, kurang lebih satu juta rumah tangga di Jawa Timur dapat lebih lapang menikmati pasokan listrik yang tersedia di PLTGU Grati.

“450 MW dari Blok III PLTGU Grati ini bisa dinikmati pelanggan hingga kurang lebih satu juta rumah tangga di Jatim, itu kalau memakai 450 Volt Ampere,” papar Jonas.

Baca: Dorong Pengembangan Biogas Komunal, Kementerian ESDM Sasar Ponpes di Pasuruan

Mudjib Imron, Wakil Bupati Pasuruan yang juga datang saat peresmian PLTGU Grati Blok III memberikan tanggapan positif. Menurutnya, dengan selesainya pembangunan pada Blok III ini dimungkinkan akan menambah kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pasuruan.

Baca Juga :   112 Gardu Listrik Terdampak Erupsi Semeru, Sejumlah Wilayah Masih Padam

“Pasuruan seakan mendapat anugerah karena pembangunan Blok III ini akan membawa berkah bagi Pasuruan dan Jatim pada umumnya,” ungkap Mudjib.

Baca: Penuhi Target 35 Ribu MW, PLTGU Grati Tingkatkan Kapasitas Jadi 1.360 MW

Sekadar diketahui, pembiayaan peningkatan kapasitas pada Blok II dan pembangunan Blok III ini bersumber salah satunya dari penyertaan modal negara (PMN) yang ditambahkan pada proyek ini sebesar Rp470 Miliar.

Terselesaikannya peningkatan Blok II dan pembangunan PLTGU Grati Blok III ini, bisa dibilang menyumbang pemenuhan target 35.000 MW program listrik nasional yang dicanangkan pemerintah sebelumnya. (ptr/ono)